Banjarmasin Bersiap Jadi Tempat Penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor (kanan) dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Makhmud. (ANTARA/Humas Pemkot Banjarmasin).

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyiapkan diri untuk menjadi tempat penyelenggaraan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) tahun 2022.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin M Makhmud mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi kegiatan Garnas BBI yang diselenggarakan pemerintah pusat di Banjarmasin.

“Jadi program pemerintah pusat ini tempatnya di Banjarmasin, rencananya di taman siring 0 kilometer di samping sungai Martapura itu,” ujar M Makhmud, dikutip dari Antara, Sabtu 26 Februari 2022.

Disampaikan bahwa kegiatan Garnas BBI dijadwalkan pada 7 Juli 2022, meliputi pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan Kementerian pertanian, hingga produk-produk UMKM sektor pertanian di provinsi ini bisa promosi nasional.

“Untuk dipromosi lewat event Gernas BBI, kita pastinya harus menyukseskan kegiatan ini. Rencananya kan pameran produk UMKM ini ditayangkan secara nasional, jadi ini kesempatan bagus bagi UMKM Kota Banjarmasin khususnya,” papar Makhmud.

Apalagi, lanjutnya, Pemkot Banjarmasin di bawah kepemimpinan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang kini didampingi Wakilnya H Arifin Noor terus menciptakan wira usaha baru (WUB), hingga jadi peluang promosi produk mereka. Sebab, hampir 4.000 wira usaha baru yang sudah diciptakan sejak program ini diluncurkan pada tahun 2016 atau periode pertama kepemimpinan Wali Kota H Ibnu Sina.

“Wira usaha baru dari berbagai sektor, di instansi kita membina WUB pertanian, perikanan dan usaha pangan lainnya,” katanya.

(Antara/BS65)