Jasa Mukhtarudin untuk Masyarakat Kalteng Luar Biasa

Ilustrasi_Kang Maman Wiharja.

Penulis: Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id)

PARA Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia adalah orang-orang yang dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum, yang tentunya untuk menjadi wakil rakyat itu sendiri. Sehingga mereka berkumpul menjadi salah satu badan legislatif di Indonesia yaitu di Senayan Jakarta.

Sudah diketahui bahwa para Wakil Rakyat memiliki tugas untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dan kepentingan rakyat. Para DPR memiliki tiga fungsi pokok yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Salah satu putra asli Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah yang mengemban tugas sebagai Wakil Rakyat adalah Drs. H. Mukhtarudin. Dia merupakan salah satu Anggota DPR RI yang luar biasa karena telah banyak jasanya untuk masyarakat di Provinsi Kalteng, termasuk untuk warga masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat.

Selama Mukhtarudin menjadi Anggota DPR RI pengamatan penulis, kiprahnya di Kotawaringin Barat saat ini manfaatnya sudah banyak dirasakan langsung oleh warga masyarakat . Mulai dari para pelajar, pemuda berupa melalui bea siswa, sumbangan buku dan alat tulis, bahkan untuk jaringan internet  gratis melalui Wifi Telkom, di tepian Bantaran Sungai Arut di beberapa Kelurahan sudah sejak lama dipasang atas inisiasi Mukhtarudin.

“Alhamdullilah sekali Pak, dengan adanya jaringan internet gratis saya bisa mengikuti berbagai informasi khususnya tetang perkembangan Covid-19,” kata Muhaemin salah satu pelajar SMP di Pangkalan Bun, Minggu, 27 Februari 2022.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 01)

Itulah salah satu bantuan Mukhtarduin yang terbilang murah tapi manfaatnya luar biasa kepada keluarga masyarakat yang kurang mampu memasang dan membayar bulanan abidemen Telkom.

Bantuan kemanusiaan lainnya seperti menyumbang mobil Ambulans. Berkat kepiawaian Mukhtarudin bernegosiasi dengan sejumlah Menteri di Jakarta, akhirnya aspirasi masyarakat membuahkan hasil, seperti puluhan mobil Ambulans kini sejak munculnya Covid-19 sampai sekarang, benar-benar manfaatnya sudah dirasakan.

Puluhan mobil Ambulans dirasakan masyarakat hampir setiap kelurahan di Kota Pangkalan Bun. Warga masyarakat desa pun di Kabupaten Kotawaringin Barat sudah banyak merasakan manfaat mobil Ambulans tersebut.

Kemudian bantuan sosial lainnya, mulai dari paket sembako, sampai bantuan uang tunai baik untuk membangun, rehab masjid, madrasyah, sekolah, saat ini sama sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Di bidang ekonomi kemasyarakatan, Mukhtarudin juga telah banyak membantu membangkitkan semangat kepada para pelaku UKM dan UMKM dengan menggelar sosialisasi dan pendidikan/kursus wirausaha termasuk memberikan bea siswa kepada pelajar dan mahasiswa di Provinsi Kalteng.

Tidak ketinggalan, dimasa pandemi Covid-19 sampai sekarang berkat inisiasi Mukhtarudin sudah puluhan ribu dosis vaksin melalui Partai Golkar dikontribusikan kepada masyarakat melalui vaksinasi, baik di Kabupaten Kobar, maupun Kabupaten/Kota lain di Provinasi Kalteng.

Dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan hasil inisiasi Mukhtarudin, di Kabupaten Kobar langsung ditangani di ‘Rumah Aspirasi Mukhtarudin’, yang dipercayakan kepada Ujang Ebot Sabarudin di Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   Baru Dua Bulan Bertugas, Jumlah Kegiatan Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Mencapai Record Tertinggi

Mukhtarudin, yang dibekali ilmu kenegarawanan sejak penulis kenal dekat pada tahun 1996-1998  saat Mukhtarudin menjadi PNS pada zaman Bupati Kolonel H. Jahdja Al Idrus sampai Pjs. Bupati Kobar H. Sukirman 1998-1999.

Penulis masih ingat, saat ada kunjungan Menteri Perhubungan Prof. Dr. Haryano Dhanutirto ke Kabupaten Kobar sekitar tahun 1999, kemudian malam harinya digelar pertemuan Menteri bersama Bupati dan unsur Muspida, yang dihadiri jajaran SOPD serta para tokoh masyarakat.

Waktu itu penulis meliput acara pertemuan, dan usai Menteri memberi sambutan bertanya kepada para undangan, siapa yang mau bertanya dari PNS?.

Saat sedang hening, tiba-tiba seorang pemuda yaitu Mukhtarudin angkat tangan, mengusulkan untuk bicara. Setelah Mukhtarudin memperkenalkan jati dirinya di PNS, langsung bicara yang intinya memberi masukan dengan penuh kritik membangun.

“Wah, saya sangat salut kepada seorang PNS muda, bernama Mukhtarudin bagus sekali masukannya” jawab Menteri waktu itu.

Itulah, penulis menilai kepada sosok Mukhtarudin, sekarang saat duduk jadi Wakil Rakyat di DPR RI sudah didasari dengan jiwa kenegarawanan, yang dalam tugasnya menampung dan menyalurkan aspirasi dan kepentingan rakyat.

Pengamatan penulis juga, Mukhtarudin bahkan banyak sekali membidik program aspirasi masyarakat untuk meningkatkan pembangunan yang disinergikan dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, sehingga kedepannya masyarakat Kalteng lebih sejahtera. SEMOGA***