Pinjam Buku di Perpustakaan Kalteng Bisa dari Rumah

Hardi/BERITA SAMPIT - Pustakawan Dispursip Kalteng Raswati (kiri), Yunita (tengah), Norohmiati (kanan)

PALANGKA RAYA – Dinas perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), memiliki berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya meminjam dari rumah. Layanan ini merupakan adaptasi kebiasaan baru, menyesuaikan dengan protokol kesehatan karena Pandemi Covid-19.

Pustakawan Dispursip Kalteng Raswati menyampaikan, masyarakat yang ingin mencari buku bisa melakukan akses melalui Online Public Access Catalog (OPAC) lewat gawai masing-masing di website dinas, dispursip.kalteng.go.id, untuk mengetahui apakah buku yang dicari tersedia di Perpustakaan Kalteng.

BACA JUGA:   Kalteng Masuk 10 Besar Inflasi Terendah

“Masyarakat yang ingin meminjam buku tersebut menghubungi via whats app nomor Peminjaman Buku 0822 5056 9900. Lalu operator membalas dengan mengirim form peminjaman buku, sehingga masyarakat yang ingin meminjam, mengisi form peminjaman buku, dan mengirimkan kembali ke operator,” ucapnya

Lalu operator membalas waktu pengambilan pesanan bukunya, dan masyarakat mengambil buku yang sudah disiapkan petugas pada waktu yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:   Dua Petahana Tumbang, DPRD Palangka Raya Dapil I Diisi Empat Wajah Baru

Akan tetapi hal itu bisa dilakukan, apabila masyarakat tersebut terdaftar menjadi anggota perpustakaan. Selain itu, masyarakat juga bisa meminjam buku keperpustakaan secara langsung, akan tetapi harus menerapkan protokol kesehatan, dengan cara sebelum masuk mencuci tangan terlebih dahulu, dan menggunakan masker, serta selalu patuhi 5M. (Hardi/beritasampit.co.id)