Rumah Singgah Sultan Kutaringin Diresmikan, Bupati Hj.Nurhidayah: Wujud Kepedulian Pemkab Kobar

Ist/BERITA SAMPIT : Bupati Hj.Nurhidayah, usai acara peresmian foto bersama dengan Pangeran Arsyadinsyahdan Unsur Forkopimdan Kobar.

PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah meresmikan rumah Sultan Kutaringin yang berada di jalan Pangeran Adipati Kelurahan Raja. Peresmian pada Senin, 7 Maret 2022 ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati didampingi Pangeran Arsyadinsyah dari kesultanan Kutaringin dan Forum koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Hj. Nurhidayah mengungkapkan bahwa pembangunan rumah Sultan Kutaringin adalah wujud perhatian Pemkab Kobar.

“Selain dari Istana Kuning yang masih terjaga, kita harapkan rumah ini menjadi simbol bagi keberadaan kerajaan Kutaringin,“ kata Hj. Nurhidayah.

Rumah dengan bangunan khas berbahan kayu yang diperuntukkan bagi Sultan Kutaringin ini dibangun dengan anggaran kurang lebih 400 juta rupiah.

“Ini adalah bagian persembahan kita para generasi penerus kepada pihak kerajaan, semoga warisan budaya yang kita miliki bisa tetap lestari, mari kita sama-sama menjaganya,” ajak Hj. Nurhidayah.

“Walaupun rumah ini cukup sederhana, namun di tengah keterbatasan, ini adalah wujud perhatian kita, semoga Sultan berkenan menempati rumah ini,” imbuh Hj. Nurhidayah.

Pangeran Arsyadinsyah menyampaikan, bahwa Juriat Kesultanan Kutaringin dan mewakili Sultan Kutaringin ke XV Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah yang saat ini berada di Solo, Jawa Tengah, mengucapkan ungkapan terima kasih atas terwujudnya rumah sultan ini.

“Alhamdulillah sudah terbangun dan sudah terwujud, ini tentu saja didasari niat yang keras dari Bupati, saya juga mendengar banyak kendala yang harus dilalui, bersyukur hari ini bisa diresmikan,” kata pangeran Arsyadinsyah. (man/beritasampit.co.id).