Pemda Kobar Komitmen Dukung Program JKN-KIS

IST/BERITASAMPIT - Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan verifikasi dan optimalisasi data PBI JK

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemda Kobar) berkomitmen untuk menjamin seluruh kesehatan masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), hal itu juga dilakukan untuk mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC) tahun 2022.

Kepala Dinas Sosial Kobar Muhamad Daoed menyampaikan komitmen tersebut dilakukan melalui verifikasi dan validasi data yang terus dilakukan oleh Dinas Sosial, sehingga masyarakat yang memang benar-benar tidak mampu dapat bisa terdaftar kedalam Program JKN-KIS yang iuran nya dibayarkan oleh Pemerintah.

“Tentu ini akan menjadi fokus Dinas Sosial sebagai pihak yang berwenang melakukan verifikasi data masyarakat yang akan masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (DTKS PBI JK). Sehingga akan didapatkan data yang memang benar-benar valid sehingga masyarakat yang memang miskin dan tidak mampu dapat terdaftar dalam program JKN-KIS yang dibayarkan oleh Pemerintah, tentunya kegiatan verifikasi data dengan melibatkan aparat desa dan kelurahan ini diharapkan akan mampu menghasilkan data yang benar-benar berkualitas,” ucap Daoed saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan verifikasi dan optimalisasi data PBI JK, Senin 14 Maret 2022.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melibatkan semua aparat desa dan kelurahan yang ada di Kobar secara bergantian dalam verifikasi data tersebut, dan diharapkan dengan keterlibatan aktif aparat desa dan kelurahan bisa mendorong cakupan kepesertaan Program JKN-KIS dan UHC Kobar dapat segera terwujud.

Terpisah Kepala BPJS Kesehatan Kobar, Toto Iskandar sangat mendukung penuh atas komitmen pemerintah Kobar guna mewujudkan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat, Toto juga berharap dengan adanya validasi data tersebut dapat mempercepat verifikasi dan tentunya peserta yang didaftarkan sebagai peserta PBI JK tepat sesuai dengan sasaran.

“Kita sangat apresiasi dukungan Pemda Kobar, diharapkan dengan kerjasama semua pihak, capaian UHC Kobar dapat segera terwujud di tahun ini,” tandasnya.

(im/beritasampit.co.id).