TNI Secara Intensif Imbauan Masyarakat Cegah Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Spanduk sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan.

PALANGKA RAYA – Komando Rayon Militer (Koramil) 1016-02 Bukit Batu melalui Babinsa jajarannya, meminta kepada masyarakat di Kecamatan Bukit Batu agar tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi pada saat musim kemarau tiba.

Sosialisasi Pencegahan Karhutla dilakukan melalui pemasangan spanduk yang dilakukan di Koramil 1016-02 Bukit Batu, Jalan Tjilik Riwut Km 30 Kelurahan Banturung Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Rabu 16 Maret 2022.

BACA JUGA:   Road to Pocari Sweat Run 2024, Perkenalkan Pesatnya Pembangunan Kalteng

Danramil 1016-02 Bukit Batu Letda Inf Hairullah mengatakan, edukasi yang digelar TNI AD melalui Babinsa di wilayah bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membakar hutan pada musim kemarau.

Dia meminta petani tidak membuka lahan dengan melakukan pembakaran. Kegiatan ini berdasarkan ST Danrem 102/Panju Panjung Nomor 96 Tahun 2022, Tanggal 12 Maret 2022, agar mewaspadai hotspot dan melaksanakan mitigasi serta pencegahan bencana karhutla di wilayah.

“Dampak Karhutla sangat mengganggu lingkungan serta kesehatan bagi warga masyarakat, mari kita cegah dengan mematuhi peraturan yang sudah diterapkan oleh Pemerintah melalui TNI-Polri serta dinas terkait di wilayah,” harapnya.

BACA JUGA:   Pj Wali Kota Palangka Raya Berikan Hibah untuk Masjid Agung Kecubung Darurrahman

Dirinya menambahkan, bahwa pencegahan karhutla juga menjadi tanggung jawab TNI, termasuk Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), jika sudah terjadi kebakaran, TNI bersama instansi terkait akan dikerahkan untuk penanganan dan pencegahannya.

“Harapannya pendekatan yang dilakukan oleh Danramil serta Babinsa di jajarannya bisa direspon oleh masyarakat, sehingga kebakaran hutan dan lahan bisa diminimalisir dampaknya,” katanya. (Hardi/beritasampit.co.id).