BNPT Galang Koordinasi Keamanan Cegah Terorisme di MotoGP Mandalika

Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar (baju putih) melakukan koordinasi keamanan MotoGP 2020. ANTARA/HO-Humas BNPT

JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar menggalang koordinasi keamanan untuk mencegah aksi terorisme di ajang balap motor internasional MotoGP Mandalika 2022.

“Peningkatan pengawasan menjadi titik fokus koordinasi keamanan guna meminimalisasi potensi gangguan dari ancaman teroris,” kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu 20 Maret 2022.

Ia mengatakan pertemuan dan koordinasi keamanan dengan berbagai pihak menjadi bagian dari program BNPT untuk pencegahan aksi terorisme di ajang balap motor internasional MotoGP Mandalika.

BACA JUGA:   Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

“Pencegahan aksi terorisme bisa maksimal dilakukan jika semua pihak bekerja sama,” ujar Boy Rafli.

Boy menyampaikan MotoGP Mandalika memiliki arti penting bagi Indonesia khususnya pascapandemi COVID-19. Ekonomi Indonesia bisa kembali bergeliat dari sektor pariwisata dengan adanya MotoGP.

Dunia pariwisata, ujar dia, lumpuh selama pandemi COVID-19. Dengan adanya MotoGP, pemerintah optimistis pariwisata di NTB dan daerah lain kembali bangkit sehingga perekonomian masyarakat membaik. “Mata dunia sekarang tertuju pada Indonesia,” ucap dia.

Ia juga mengimbau masyarakat setempat untuk turut serta menjaga kenyamanan di sekitar wilayah pelaksanaan MotoGP 2022. Dengan demikian, baik pebalap maupun penonton yang hadir merasa nyaman selama berada di NTB.

BACA JUGA:   Deteksi Potensi Penyakit di Masa Depan, Kemenkes Luncurkan BGSi

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengungkapkan pentingnya koordinasi dengan BNPT sebagai leading sektor penanggulangan terorisme.

“Kami sepakat terus berkoordinasi, mengevaluasi dan menyelesaikan setiap tahap agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman,” tutur Hadi Tjahjanto. (Antara/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)