Fakultas SRD ITB Siap Latih 1.000 Pembuat Konten Kreatif di Kaltim

Wakil Dekan FSRD ITB, Dr Intan Rizky Mutiaz, saat memberikan materi mengenai pemanfaatan design visual untuk mempromosikan pariwisata dan mengembangkan ekonomi kreatif di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis. ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalimantan Timur

SAMARINDA – Wakil Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, Dr Intan Rizky Mutiaz, menyatakan, fakultas itu akan memberi pelatihan kepada 1.000 pembuat konten kreatif digital di Kalimantan Timur.

“Saya punya rencana untuk mengadakan pelatihan 1.000 digital pembuat konten pada Agustus atau September 2022 mendatang,” kata dia, dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis 24 Maret 2022.

Ia mengakui Kalimantan Timur masih mempunyai banyak hal yang belum dieksplorasi secara maksimal dalam dunia digital, dan dia juga melihat masih banyak peluang untuk menjadi digital pembuat konten melalui konten pariwisata dan ekonomi kreatif. “Saya rasa, konten digital yang berdurasi pendek masih kurang di Kalimantan Timur Padahal konten dapat menjangkau lebih banyak pemirsa karena memiliki durasi yang pendek,” katanya.

Dalam membuat konten, dia menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diketahui pembuat konten. “Membuat konten digital itu ada beberapa hal yang harus ditentukan, mulai dari target konsumen, waktu, dan sumber daya,” katanya.

Ia menyatakan, pembuatan konten digital tidak wajib menggunakan kamera digital yang harganya cukup mahal, namun cukup menggunakan smartphone sudah bisa membuat konten diinginkan. “Maksimalkan penggunaan smartphone untuk membuat konten. Penggunaan smartphone menghadirkan pengalaman praktis,” ujarnya.

Ia bilang, jika sekarang banyak aplikasi yang menawarkan pola asal (template) untuk pembuatan konten digital, sehingga pembuat konten dapat menggunakannya untuk kebutuhan media sosial dan mereka dapat mencari inspirasi untuk karya-karya juga sekarang dapat melalui aplikasi. (Antara/beritasampit.co.id).