Gojek Buat Pelatihan Anti Kekerasan Seksual Untuk Mitra Pengemudi

Cara Gojek ciptakan ruang publik aman bertepatan Momen Hari Perempuan Internasional. (ANTARA/HO Gojek)

JAKARTA – Gojek mengadakan pelatihan anti kekerasan seksual secara tatap muka untuk mitra pengemudi di Makassar, yang akan dilanjutkan ke sembilan kota lain di Indonesia, dalam rangka mencegah dan mengurangi angka kekerasan seksual di tengah masyarakat.

“Pelatihan ini dibuat untuk melengkapi pelatihan daring yang menyasar ratusan ribu mitra pengemudi sejak 2020,” kata VP Corporate Affairs Gojek, Teuku Parvinanda Handriawan, dalam konferensi pers daring, Kamis 31 Maret 2022.

Dari Makassar, pelatihan tatap muka akan berlanjut ke Medan, Palembang, Padang, Pekanbaru, Balikpapan, Solo, Bandung, Surabaya dan Denpasar.

Lewat pelatihan ini, Teuku mengatakan pihaknya ingin membantu menciptakan budaya aman dan memberi kenyamanan untuk masyarakat yang memakai layanan aplikasi tersebut. Masyarakat, utamanya mitra pengemudi, diharapkan bisa semakin paham tentang cara mencegah terjadinya kekerasan seksual.

Ia berharap, pelatihan ini dapat menjadikan mitra pengemudi sebagai pelopor ruang publik yang aman bagi masyarakat.

Survei Pelecehan Seksual di Ruang Publik Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia oleh Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) menemukan bahwa 78,89 persen responden perempuan pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik dan lebih dari setengahnya di jalanan umum atau taman.

Dibantu oleh “Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan (DEMAND)”, para mitra mendapat pelatihan untuk memahami apa saja definisi dan bentuk dari kekerasan seksual serta dampaknya terhadap korban.

Pelatihan yang diberikan bertujuan untuk memberikan informasi untuk meluruskan hal-hal yang kadang dianggap sepele seperti menggoda lewat siulan, tapi sebetulnya masuk ke dalam pelecehan seksual.

“Jangan bilang siul dan colek saja enggak bahaya, buat yang mengalami, ada dampak psikologi yang dirasakan,” kata Training Director DEMAND Chrisant Raisha.

Para mitra pengemudi juga diajari cara merespons saat melihat kekerasan seksual di ruang publik.

“Kami tentunya juga mendukung upaya-upaya yang dilakukan dilakukan oleh Gojek terutama melakukan edukasi di 10 kota dan melakukan berbagai pelatihan-pelatihan yang tentunya mendukung upaya upaya kita dalam pencegahan kekerasan baik pada perempuan dan anak,” imbuh Plt Deputi bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Indra Gunawan. (Antara/beritasampit.co.id).