Mengintip Keindahan Alam Tersembunyi Dibalik Hutan Kecamatan Tualan Hulu Kotim 

IST/BERITA SAMPIT - Beberapa warga sedang menikmati berendam di Lokasi Air Terjun Talan, di Desa Tanjung Jorong Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotim.

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur, ternyata memiliki banyak kekayaan alam tersembunyi yang patut dilestarikan. Tidak hanya pantai ujung pandaran, ternyata dibalik hutan yang ada di wilayah utara Kotim juga tersembunyi keindahan alam yang sangat berpotensi dijadikan kawasan wisata alam.

Suasana alam yang sangat asri dan natural dikelilingi bebatuan maupun pepohonan, menjadikan air terjun talan yang berada di Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu tersebut, memiliki karismatik tersendiri yang mampu memanjakan pikiran dan mata kita melihat keindahannya.

Untuk menuju lokasi air terjun tersebut tidaklah mudah, karena kondisi infrastruktur jalan yang belum sepenuhnya bagus, sehingga dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 4 – 5 jam dari Kota Sampit untuk bisa tiba ke kawasan destinasi wisata air terjun tersebut.

BACA JUGA:   Polisi Masih Kejar Mobil Pelaku Tabrak Lari Bocah, Satu Dirujuk ke Palangka Raya

Sedangkan dari Ibukota Kecamatan Tualan Hulu sendiri, menuju lokasi air terjun berjarak kurang lebih 35 Km, dapat ditempuh dalam waktu kurang 1 jam lebih.

“Banyak potensi wisata yang tersembunyi sangat layak untuk dijual ,dikemas dan ditata yang adanya di Kecamatan Tualan Hulu ini,”kata Camat Tualan Hulu Admadisastra, kepada media ini, Jumat 1 April 2022.

BACA JUGA:   13 Pengurus Mabigus di Baamang Dikukuhkan
IST/BERITA SAMPIT – Camat Tualan Hulu Admadisastra, saat meninjau riam kotung l, di Desa Tanjung Jorong.

Ditambahkan, dia juga menemukan terbaru dalam kunjungannya di kawasan Desa Tanjung Jorong yakni destinasi dengan riam kotung berarus air yang cukup deras dikelilingi bebatuan dan pohon yang eksostik, telihat sangat indah dan natural pada kawasan hutan tersebut.

“Kawasan ini masuk wilayah dilindungi dan penataan kedepan dengan pembuatan master plan pariwisata di Kecamatan Tualan Hulu,”tuturnya.

“Kita akan melakukan penataan Infrastruktur, memberikan pembinaan masyarakat lokal, serta akan mempromisikan produk unggulan dan ekonomi kreatif, guna mendorong sektor kepariwisataan di Kecamatan Tualan Hulu ini,”pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id)