Jaga Kesucian Bulan Ramadan dengan Tidak Melanggar Hukum

IST/BERITA SAMPIT- Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo.

KASONGAN – Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo mengajak semua elemen masyarakat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama ramadan, ia meyakini dengan kondusifitas lingkungan tentu bakal berdampak pada kenyamanan dalam berpuasa.

Dia meminta masyarakat mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan menjaga kesucian bulan Ramadan dengan tidak melanggar hukum. Seperti balapan liar dan main petasan.

“Kami terus gencar mengadakan patroli di lokasi-lokasi rawan balap liar dari jajaran patroli Sabhara dan lalu lintas. Sampai dengan saat ini masih belum ada yang ditindak, dikarenakan masih diawal-awal puasa, tetap kita pantau,” ucap Kapolres dengan beritasampit.co.id. Senin 4 April 2022.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Pihaknya kepolisian berharap tidak ada penindakan, melainkan kesadaran bagi masyarakat untuk sama-sama menciptakan situasi Kamtibnas yang kondusif dan menjalankan ibadah puasa dengan lebih memfokuskan kepada kegiatan-kegiatan ibadah.

“Kita harus jaga kesucian bulan ramadan dengan meningkatkan iman dan taqwa, bukan dengan kesenangan seperti balapan liar, main petasan, pawai arak-arakan,” imbaunya.

Bulan suci Ramadan 1434 Hijiriah merupakan momen istimewa karena identik dengan menyucikan jiwa, silaturahmi, dan momen untuk saling memaafkan sehingga selalu disambut dengan penuh sukacita dan syukur.

Selain itu di bulan ramadan menjadi bulan mulia untuk memperkuat kerukunan dan persatuan sebagai satu bangsa. Ia meminta masyarakat untuk saling menjaga tolerasi dan menjaga kesucian bulan Ramadan.

BACA JUGA:   Bocah 5 Tahun Meninggal Dunia Diduga Akibat Salah Tembak

“Mari kita ciptakan kondusifitas agar bulan suci ini bisa betul-betul terjaga dengan hal-hal yang positif dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan. Saya juga mengikatkan masyarakat terutama bagi rumah atau toko yang ditinggal taraweh bisa dicek terlebih dahulu keamanannya,” jelas Kapolres,

Lebih lanjut, di tengah upaya pemerintah melawan Covid-19 masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan hingga nanti menghadapi arus mudik dan lebaran 2022.

“Untuk masyarakat tetap jaga prokes, itu saja, dan selamat menjalankan ibadah puasa,” tutupnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id).