Ketua DPRD Kalteng Apresiasi Polda Kalteng Beri Kesempatan Putra-Putri Daerah Untuk Jadi Personel Polri

HARDI/BERITA SAMPIT - Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPRD Provinsi Kalteng dan Polda Kalteng

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno mengapresiasi langkah kebijakan Polri melalui Polda Kalteng yang telah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri daerah untuk mendaftar menjadi personel Polri melalui pendidikan Bintara.

“Artinya, ini merupakan suatu kesempatan yang baik bagi putra-putri asal Kalimantan Tengah, untuk bisa menjadi anggota Polri. Selama memenuhi persyaratan minimal, maka diyakini peluang akan terbuka lebar. Terlebih, saat ini berdasarkan informasi untuk sistem seleksi penerimaan dilakukan secara akuntabel dan transparan,” kata Wiyatno saat memimpin secara langsung Rapat Dengar Pendapat (RDP), di Ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng, Senin 4 April 2022.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Minta Penambahan Jumlah Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dalam kesempatan itu, Wakapolda Kalteng Brigjend Pol Ida Oetari Poernamasasi menjelaskan, bahwa saat ini mekanisme penerimaan personel Polri melalui pendidikan Bintara, lebih memprioritaskan kepada putra-putri daerah, dengan komposisi 70 persen peserta dari putra daerah dan 30 persen peserta pendatang.

“Meski putra daerah ada beberapa persyaratan yang harus tetap dipenuhi oleh setiap calon peserta, yakni dari perolehan nilai akademik pada ijazah, prestasi diberbagai bidang misalnya di bidang olah raga, serta berbagai persyaratan dan mekanisme lainnya yang telah ditetapkan oleh pihak panitia seleksi,” katanya.

BACA JUGA:   Calon Jamaah Haji Kalteng Diminta Siapkan Diri Hadapi Potensi Cuaca Ekstrem

Kata Dia, seleksi dilakukan secara akuntabel dan transparan, misalnya hari ini ujian maka tidak berselang lama hasilnya akan langsung dapat diketahui, sehingga tidak ada lagi yang ditutup-tutupi. (Hardi/beritasampit.co.id).