Permudah Proses Kartu AK1 Pencari Kerja, Disnakertrans Barsel Perkenalkan Sistem Online

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala Disnakertrans Kabupaten Barsel, Ir. Teguh Budi Laiden, MT.

BUNTOK – Untuk lebih mempermudah proses Kartu Kuning (AK1) bagi pencari kerja, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) memperkenalkan sistem secara online.

“Adapun cara untuk melakukan pembuatan kartu AK1 tersebut dapat diakses melalui web kemnaker.go.id,” kata Kepala Disnakertrans Barsel Ir. Teguh Budi Leiden, MT kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 4 April 2022.

Selanjutnya dalam halaman beranda, sambung Dia, dapat di klik garis tiga mendatar di pojok kanan atas pilih daftar untuk membuat akun Disnaker dengan diantaranya isi nomor KTP  serta alamat email yang nantinya akan dikirim kode OPT 6 digit.

“Kemudian akan diarahkan, isi data pribadi sesuai persyaratan seperti pas foto dalam bentuk format JPG, Ijazah terakhir serta mengisi data diri sesuai dengan domisili pemohon,” katanya.

Menurutnya, sistem online tersebut selain untuk proses permohonan Kartu AK1 untuk bursa kerja online juga difungsikan untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja (perusahaan).

“Sehingga dengan adanya situs web tersebut, maka pencari kerja akan lebih dimudahkan lagi untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat serta keterampilan masing-masing individu,” jelasnya.

Walaupun proses pembuatan Kartu AK1 ini secara online, untuk proses pencetakannya ditetapkan mereka para pencari kerja harus datang ke Disnakertrans.

“Hal tersebut adalah untuk lebih memastikan lagi kevalidan ada yang harus ditandatangani oleh Disnakertrans dalam kartu AK1 tersebut,” ungkapnya.

Terkait jumlah pemohon Kartu AK1 di daerah ini terhitung sejak bulan Januari  hingga Maret 2022 mencapai 381 orang.

Melihat banyaknya jumlah pencari kerja, yang datang ke Disnakertrans untuk membuat Kartu AK1 itu maka untuk lebih mempermudahnya diperkenalkan sistem secara online.

“Apalagi mereka para pencari kerja yang berada di wilayah pedesaan akan merasa terbantu dengan adanya sistem online ini,” pungkas Teguh Budi Laiden. (Ded/beritasampit.co.id)