BPBD Katingan Tetap Waspada Ancaman Karhutla

ANNAS/BERITA SAMPIT - Kepala Pelaksana BPBD Katingan

KASONGAN – Badan Penanggunan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan Roby mengatakan meski dinilai cukup aman karena curah hujan yang relatif masih tinggi dan minim titik api (hotspot), pihahnya tetap waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Meskipun masih ada potensi hujan, kita tetap waspada Karhutla. Karena suhu panas di siang hari yang cukup tinggi dan intensitas hujan yang biasanya akan semakin berkurang dibulan bulan kemarau ini,” tuturnya dengan beritasampit.co.id. Rabu, 6 April 2022.

BACA JUGA:   Harga TBS Terjun Bebas, Dewan : Pemerintah Daerah jangan Diam Saja

Dia juga menjelaskan pihaknya tengah melakukan langkah-langkah antisipasi. Di antaranya menyiapkan aplikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memantau titik-titik hotspot yang tersebar di daerah. Kemudian selalu mensiap siagakan personel agar bisa selalu waspada.

Mantan Kepala BPKD Kabupaten Katingan tersebut juga menuturkan meski titik hot spot tidak muncul pihaknya terus melakukan pemantau terhadap perubahan iklim melalui perkembangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BACA JUGA:   SILPA APBD 2021 Kabupaten Katingan Rp183 Miliar Lebih

“Kami terus mengikuti perkembangan kondisi terkini melalui update prakiraan cuaca dan iklim yang dikeluarkan BMKG,” pungkasnya.

Seperti diketahui dua hari belakangan ini kondisi cuaca di Kota Kasongan sering mengalami panas, tak jarang hujan dan angin kencang mengguyur kota hijau tersebut. Pihaknya berharap peran masyarakat mengantisipasi Karhutla sangat penting dengan tidak membuka lahan dengan membakar.

(Kawit/Beritasampit.co.id)