Mahasis KKN UMPR Diminta Berkontribusi Nyata Bagi Masyarakat

KKN KE-47 : IST/BERITA SAMPIT - Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd secara resmi membuka KKN ke-47 pada Jumat (1/4) yang diikuti oleh 479 mahasiswa.

PALANGKA RAYA – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menerjunkan 479 mahasiswa, untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-47.

Pembukaan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Sonedi dalam acara Pembukaan KKN ke-47 UMPR Tahun 2022.

Pembukaan ini berlangsung secara semi daring, Jumat 1 April 2022 yang lalu. Selain Rektor, para pejabat yang turut hadir adalah Wakil Rektor 1, Hj Laksminarti, dan Wakil Rektor 3, Norcahyono, Dekan, Kaprodi, Dosen Pembimbing Lapangan, beserta para Personil LP2M.

Pada KKN ke-47 tahun 2022 ini, UMPR menyebar peserta KKN di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Ketua Panitia KKN ke-47, Endang Sri Suyati, menjelaskan, sama seperti KKN sebelumnya, KKN pada periode ini dilaksanakan di 3 Kabupaten/Kota.

“Kegiatan KKN ke-47 ini secara resmi sudah dibuka oleh Rektor UMPR dan setelah pembukaan ini setiap Dosen Pembimbing Lapangan akan melakukan pengantaran mahasiswa KKN ke masing-masing lokasi. Adapun peserta yang hadir secara luring di Aula Utama adalah 334 mahasiswa yang berasal dari 26 kelompok,” ujar Endang Sri Suyati selepas acara Pembukaan.

Lebih lanjut Endang Sri Suyati menyebutkan bahwa 479 mahasiswa peserta KKN dibagi menjadi 37 kelompok. “Pada KKN kali ini kami melibatkan 37 Dosen yang disebar ke 37 Kelompok. 37 Kelompok ini terdiri atas Kota Palangkaraya sejumlah 32 kelompok, Kabupaten Pulang Pisau sejumlah 2 kelompok, Kabupaten Kasongan 2 kelompok, dan terdapat 1 kelompok yang disesuaikan dengan domisili dari mahasiwa peserta KKN,” sahut Kabid Pengabdian Masyarakat ini.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tidak Ada Kejelasan, Netizen Ramai-ramai Serbu Akun Instagram Disdikkalteng

Seperti diketahui, Kegiatan KKN dibawahi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Kepala LP2M, Nurul Hikmah Kartini, mengemukakan bahwa pada KKN kali ini akan dipusatkan pada pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Universitas.

“Pada KKN ke-47 ini kami bagi menjadi kegiatan fisik dan non-fisik. Pada kegiatan non fisik para peserta KKN dapat terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pelatihan, penyuluhan, hingga pemberian sembako,” tuturnya.

Dihadapan para peserta yang hadir, Nurul Hikmah Kartini mengatakan bahwa oleh karena pelaksanaan KKN ke-47 bersamaan dengan bulan suci Ramadhan 1443 H maka pelaksanaan KKN yang terlebih dulu dilakukan adalah kegiatan nonfisik. “Untuk kegiatan fisik akan dilaksanakan setelah lebaran atau pada bulan Mei. Adapun observasi awal ke lokasi KKN akan dimulai pada tanggal 9-10 April,”katanya.

Sementara Rektor UMPR, Sonedi dalam sambutan pembukaan KKN ke-46, menyampaikan motivasi kepada peserta agar menjaga nama baik almamater, tetap semangat menunjukan kreativitas, serta dapat memberikan sumbangsih kepada Masyarakat Kalimantan Tengah.

“Sekian semester menimba ilmu di kampus, inilah saatnya mengimplementasikan dan mengamalkan apa yang dipelajari selama di kampus. Kehidupan kampus mungkin tidak begitu kompleks dengan yang kita hadapi sehari-hari, sehingga adaptasi dengan lingkungan dan hal baru harus kita lakukan. Mari kita belajar dari kehidupan sebenarnya karena pendidikan yang sebenarnya adalah di masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA:   Hasil Pleno Belum Diumumkan, Sejumlah Parpol Sudah Klaim Kursi DPRD Palangka Raya

Dengan tersebarnya peserta KKN di berbagai penjuru Kalimantan Tengah, adalah kesempatan berharga untuk mengenalkan kampus yang memiliki tagline Unggul dan Berkarakter ini ke masyarakat luas. Selain itu, bagi peserta juga dapat berkontribusi terhadap masalah yang terjadi di masyarakat hingga mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi di lingkungannya.

Lebih lanjut, Sonedi, menjelaskan bahwa pada KKN kali ini para peserta KKN diharapkan dapat melakukan pengabdian terhadap Institusi dan Lembaga karena para Peserta KKN yang pembagian kelompoknya berada di Kota Palangka Raya khususnya yang dipusatkan kegiatan Fisiknya di Area Kampus 2 UMPR.

Dalam pembukaan KKN-47 ini, Rektor UMPR didampingi Wakil Rektor 1 dan 3 secara simbolik melakukan Pemasangan Atribut KKN-47 kepada 2 Perwakilan Mahasiswa.

Seusai pembukaan, para Peserta kemudian diberikan materi diantaranya Materi Kerja Lapangan Fisik (Norseta Ajie Saputra), Materi Kerja Lapangan Non Fisik (Nurul Hikmah Kartini,), Materi Pengelolaan Lingkungan Hidup (Novrianti), Materi Pedoman KKN (Endang Sri Suyati). Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama untuk masing-masing kelompok yang hadir secara luring di Aula Utama UMPR.

(Kawit/Beritasampit.co.id)