Pemkab Barito Timur Sidak Barang Kebutuhan Pokok

Tim Satgas Pangan sidak barang kebutuhan pokok di Pasar Temanggoeng Djaya Karti di Tamiang Layang, Senin (4/4/2022). ANTARA/Dokumentasi pribadi

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, akan melakukan inspeksi mendadak barang kebutuhan pokok selama Ramadhan di antaranya untuk mencegah terjadinya penimbunan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Barito Timur Kariato di Tamiang Layang, Selasa 5 April 2022, mengatakan sidak dilaksanakan saat distributor melakukan pendistribusian bahan pokok.

“Kami pantau setiap pekan agar tidak ada penimbunan dan kenaikan harga,” katanya.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

Menurutnya, tim teknis Disdagkop dan UKM terus memantau distribusi barang dan kenaikan harga pangan, sekaligus memberi imbauan pedagang dan agen distributor.

Ditambahkan Kariato, penindakan tegas akan dilakukan jika tim teknis Disdagkop dan UKM menemukan pedagang yang sengaja melakukan penimbunan bahan pokok.

“Kami pasti tindak tegas dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Pihaknya juga meminta pedagang menjual bahan pokok dengan wajar selama Ramadhan. Selain itu, menghindari menjual barang yang sudah dekat masa kedaluwarsanya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

“Jangan mengambil kesempatan apalagi memanfaatkan momentum hari besar untuk meraup keuntungan pribadi,” jelas Kariato.

Tim teknis Disdagkop dan UKM telah bekerja sama dengan Polres Barito Timur membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan. Masyarakat diharapkan melapor jika menemukan pedagang melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok.

ANTARA