Kementerian PANRB Umumkan Hasil Evaluasi Melalui SAKIP dan RB Award 2021

IST/BERITA SAMPIT - Wabup Kobar Ahmadi Riansyah bersama jajarannya saat mengikuti acar video com dari Kementerian PANRB, di Aula Sekda Kobar.

PANGKALAN BUN – Proses evaluasi akuntabilitas dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota tahun 2021 telah rampung dilakukan oleh kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Hasil dari evaluasi tersebut diumumkan oleh Kementerian PANRB pada Selasa kemarin melalui kegiatan SAKIP & RB Award 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring yang diikuti sebanyak 44 perwakilan dari instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Selain itu, Pemerintah Daerah lainnya mengikuti secara daring, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) dari ruang rapat Sekretariat Daerah, dihadiri Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, yang didampingi Sekretaris Daerah dan kepala dinas terkait.

BACA JUGA:   Bank Kalteng Pangkalan Bun Bersama PIP Berbagi Berkah Takjil di Bulan Ramadan

Membacakan sambutan Menteri PANRB Tjahyo Kumolo, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini menjelaskan, hasil evaluasi ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi Pemerintah.

“Salah satu tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance,” kata Rini.

Sementara evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) digunakan untuk mengetahui apakah kementerian/lembaga/pemerintah daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran.

BACA JUGA:   Baru Dua Bulan Bertugas, Jumlah Kegiatan Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Mencapai Record Tertinggi

Dalam kegiatan ini diumumkan nilai hasil evaluasi Pemkab Kobar untuk SAKIP adalah B dan RB mendapat CC.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah menyambut baik penilaian ini, karena SAKIP ini tentang perencanaan yang baik, bagaimana menyusun sasaran kinerjanya, bagaimana merencanakan program kegiatannya, kemudian bagaimana penggunaan anggarannya.

“Pengelolaan pemerintahan yang baik adalah salah satu komitmen kami, SAKIP dan Reformasi Birokrasi menjadi salah satu indikatornya, kami berkomitmen untuk terus memberikan perubahan dan inovasi didalam tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik,” ungkap Wabup Kobar. (Man/beritasampit.co.id).