FKIP UMPR Bersama SMAN 1 Basarang Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Guru

FKIP UMPR bersama SMAN 1 Basarang menandatangani kerja sama peningkatan kualitas guru. (ANTARA/HO-FKIP UMPR)

PALANGKA RAYA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (FKIP UMPR) bersama Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas guru setempat.

“Kolaborasi ini kami tandai dan dikuatkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama beberapa waktu lalu di SMAN 1 Basarang,” Kata Dekan FKIP UMPR Hendri MPd di Palangka Raya, Kamis 7 April 2022.

Dia mengatakan, kolaborasi peningkatan SDM itu dilakukan melalui program pembuatan artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi, peningkatan mutu pendidikan bersama, penelitian bersama dan pelaksanaan program pengabdian masyarakat.

Selain peningkatan kualitas guru, kerja sama itu juga mencakup sinergitas sejumlah program lain seperti magang I, II, dan III bagi mahasiswa FKIP UMPR di sekolah setempat.

BACA JUGA:   Masriah dan Anshari Utusan Kalteng Ikuti Peningkatan Kompetensi ICT Guru PAI tingkat SMP/SMPLB se Indonesia

“Kemudian juga program penjaringan calon mahasiswa baru di FKIP Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, terutama pada lulusan SMAN 1 Basarang,” katanya.

Hendri mengatakan, kerja sama itu selain untuk saling memberikan manfaat juga sebagai upaya FKIP UMPR meningkatkan pelayanan dan pemberian manfaat kepada masyarakat di berbagai wilayah di Kalteng.

“Selain itu juga memperluas cakupan tri dharma perguruan tinggi berupa pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Saat ini, pihaknya juga tengah melaksanakan program penjaringan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. FKIP UMPR memiliki empat program studi yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ekonomi, S-1 Pendidikan Teknologi Informasi, dan S-1 Bimbingan dan Konseling.

Selain itu, FKIP UMPR juga baru saja membuka Prodi Magister (S2) Pendidikan Dasar dan tahun ini mulai menerima penerimaan calon mahasiswa baru.

BACA JUGA:   Terkait Undangan HUT ke-65 Kalteng, Ini Penjelasan Panitia

Pendaftaran dapat dilakukan di laman pmb.umpr.ac.id atau langsung ke Gedung BAKA, Kampus UMPR di Jalan RTA Milono, kilometer 1,5 Kota Palangka Raya.

Program Studi S2 Pendidikan Dasar di FKIP UMPR ini memiliki keunggulan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan seni di SD dan SMP melalui riset/penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

Selain itu, juga mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan seni di bidang pendidikan dasar melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.

Kemudian juga mampu mengelola riset/penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mempublikasikannya dan mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.

ANTARA