Timnas U-19 Harus Belajar Dari Kekalahan 1-5 Saat Hadapi Pohang

Gelandang tim nasional U-19 Marselino Ferdinan (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang timnas U-19 Korea Selatan dalam laga persahabatan di Daegu, Selasa (29/3/2022). Indonesia kalah 1-5 pada pertandingan tersebut. (ANTARA/HO/PSSI)

JAKARTA – Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong meminta skuadnya belajar dari kekalahan 1-5 saat bersua tim senior klub Liga Korea Selatan K League 1 Pohang Steelers dalam laga uji coba di Daegu, Sabtu 9 April 2022.

“Tim yang kami hadapi sangat kuat. Fisik dan tempo permainan mereka bagus. Para pemain ini harus bisa belajar secara keseluruhan aspek dari tim Pohang, mengenai sepak bola yang kuat itu seperti apa,” ujar Shin, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Sabtu.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Pohang Steelers masih terlalu kuat untuk anak-anak asuhnya.

Hal tersebut membuat timnas U-19 tidak bisa mengembangkan permainan sesuai dengan rencana.

“Itu sangat disayangkan. Namun, pada babak kedua kami mulai beradaptasi dengan pertandingan. Saya berharap ini bisa dijadikan pengalaman yang baik untuk para pemain,” kata Shin.

BACA JUGA:   SMPN 1 Sampit Juara usai Kalahkan SMPN 3 Sampit di Final

Adapun satu-satunya gol Indonesia dalam laga kontra Pohang Steelers itu dilesakkan oleh Marselino Ferdinan.

Itu menjadi gol kedua Marselino pada laga uji coba di Korea Selatan.

Pesepak bola berusia 17 tahun mengakui partai kontra Pohang Steelers berjalan dengan sulit, terutama pada babak pertama.

“Namun di babak kedua, kami sudah mulai bisa beradaptasi dan tenang dalam memainkan permainan sepak bola kami. Tentu saya bangga dan senang bisa cetak gol melawan tim sekelas Pohang. Kami akan lebih baik lagi ke depannya,” tutur Marselino.

Sampai Sabtu (9/4), timnas U-19 sudah menjalani delapan kali pertandingan uji coba di Korea Selatan, sebagai bagian persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

BACA JUGA:   Perebutan Juara III Turnamen Mini Soccer: SMP Cita Bunda Menang Dramatis Vs SMPN 4 Cempaga

Pada pertandingan perdana, “Garuda Nusantara” kalah 1-5 dari Universitas Yeungnam, lalu takluk 0-7 dari timnas U-19 Korsel, kemudian menang atas Universitas Daegu 2-1 dan tunduk kembali dari timnas U-19 Korsel dengan skor 1-5.

Namun, Indonesia tak terkalahkan pada tiga laga terakhirnya, di mana mereka menahan seri Gimcheon Sangmu FC 2-2, mengandaskan Pohang Steelers pada pertemuan pertama, 2-0 dan mengalahkan Universitas Kyungil 2-1. Terkini, skuad berjuluk Garuda Nusantara takluk 1-5 dari Pohang Steelers.

Berikutnya, pada Rabu (13/4), timnas U-19 Indonesia akan menjalani pertandingan uji coba terakhir di Korea Selatan, di mana mereka akan menghadapi Daegu FC. (Antara/beritasampit.co.id).