Pemkab Kotim Minta Warga Tetap Disiplin Prokes Meski Kasus Penularannya Menurun

Bupati Halikinnor saat memimpin rapat di aula rumah jabatan bupati membahas evaluasi capaian vaksinasi COVID-19, Kamis (17/3/2022). ANTARA/HO-Prokopim Kotim

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur Kotim) mengingatkan masyarakat  tetap menjalankan protokol kesehatan karena COVID-19 masih mengancam di daerah ini, meski kasus penularan menurun drastis.

“Pandemi ini belum berakhir, makanya meski kasus penularan jauh menurun, kita harus tetap waspada agar tidak tertular COVID-19,” kata Bupati Kotim Halikinnor dalam keterangan yang diterima di Sampit, Senin 11 April 2022.

Tiga hari berturut-turut, Bupati bersama jajarannya melaksanakan Safari Ramadhan di tiga tempat di wilayah utara kabupaten itu. Dalam setiap pidatonya, selain menyampaikan program pembangunan, Bupati juga terus mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Dilansir dari Antara, berdasarkan data yang dirilis Satuan Tugas Penangan COVID-19 Kotawaringin Timur pada Minggu pukul 14.00 WIB, disampaikan bahwa ada satu pasien COVID-19 yang meninggal dunia. Selain itu, masih ada tiga pasien COVID-19 yang menjalani perawatan.

Pasien COVID-19 yang menjalani perawatan umumnya karena ada komorbid atau penyakit penyerta sehingga gejala yang diderita masuk kategori sedang hingga berat. Untuk itu pasien-pasien tersebut perlu penanganan intensif di rumah sakit.

Adanya pasien COVID-19 yang meninggal dunia, menjadi pengingat bahwa penyakit ini harus tetap diwaspadai. Protokol kesehatan wajib dijalankan setiap orang untuk menghindari penularan COVID-19 meski pemerintah mulai melonggarkan aturan seiring upaya pemilihan ekonomi.

“Mari kita patuhi protokol kesehatan dalam kegiatan ekonomi, ibadah dan lainnya. Kita harus tetap waspada hingga pandemi ini benar-benar berakhir,” ujar Halikinnor.

Dia menambahkan, pemerintah daerah didukung Polri, TNI dan instansi lainnya terus menggalakkan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi dinilai efektif untuk terus menekan penularan COVID-19 seiring meningkatnya imunitas tubuh masyarakat.

Halikinnor menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada jajaran Dinas Kesehatan, Polri, TNI, BIN, Kadin dan semua pihak yang mendukung percepatan vaksinasi di daerah ini.

Vaksinasi akan terus digencarkan agar segera terbentuk “herd immunity” atau kekebalan kelompok sehingga mata rantai penularan COVID-19 bisa segera diputus.

Capaian vaksinasi dosis satu sudah hampir 100 persen dari target, kini pemerintah daerah terus mendorong percepatan vaksinasi dosis dua dan vaksinasi penguat atau booster.

(ANTARA/BS65)