Memasuki Musim Kemarau, Komisi III DPRD Minta Antisipasi Karhutla

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota Komisi III DPRD Murung Raya Muhamad Nujhan.

PURUK CAHU – Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai setiap tahunnya di Kabupaten Murung Raya bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi setiap memasuki musim kemarau.

Oleh karenanya terkait adanya potensi Karhutla tersebut, Anggota Komisi III DPRD Murung Raya Muhamad Nujhan mengimbau semua pihak di wilayah ini untuk mampu mengantisipasi sejak dini Karhutla.

“Semua pihak agar waspada terhadap potensi terjadinya Karhutla dan melakukan antisipasi dini. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat setiap musim kemarau, oleh karena itu, semua pihak khususnya unsur terkait perlu melakukan antisipasi sejak dini,” kata Nujhan kepada wartawan, Selasa 12 April 2022.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Menurut politisi Partai Demokrat ini, antispasi Karhutla akan maksimal dilakukan jika sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan hingga tokoh masyarakat terjalin baik.

“Dengan koordinasi melalui instansi terkait, serta melakukan imbauan atau sosialisasi bahaya Karhutla kepada masyarakat. Maka dampak-dampak negatif yang timbul dari karhutla dapat diminimalisir,” ujarnya

Selain itu, Kata Nujhan, dukungan dan bantuan dari pemerintah seperti memberikan pembinaan kepada masyarakat sangat perlu dilakukan agar masyarakat bisa semakin cepat tanggap dalam upaya mengantisipasi potensi Karhutla yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Di sisi lain, dirinya juga mengajak masyarakat supaya dapat senantiasa menjaga lingkungan sekitarnya dengan tidak membakar lahan dengan sengaja. Sebab, hal tersebut sangat penting dilakukan dan sebagai salah satu upaya bersama untuk mengantisipasi bencana Karhutla supaya tidak terjadi. (Lulus/beritasampit.co.id).