Pemkab Barito Utara Kembangkan Kawasan Bumi Perkemahan Panglima Batur

Kawasan DAM Trahean dan Bumi Perkemahan Panglima Batur dilihat dari udara yang saat ini terus dilakukan pembangunan, pembenahan dan perbaikan sarana prasarana pendukung lainnya. ANTARA/Tangkapan video.

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara terus mengembangkan objek wisata unggulan yang ada di daerah setempat salah satunya Bumi Perkemahan (Buper) Panglima Batur dan DAM di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Budparpora) Barito Utara Hj Annisa Cahyawati mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat terus melakukan pembangunan dan pembenahan serta perbaikan sarana prasarana pendukung di Bumi Perkemahan Panglima Batur untuk setiap tahunnya.

Rimbunnya pohon karet yang menjulang tinggi menambah suasana di Buper ini terasa lebih sejuk, dengan panorama alam yang indah. Selain sebagai tempat berkemah, Buper Panglima Batur juga dijadikan tempat berwisata.

“Buper Panglima Batur banyak memiliki fasilitas penunjang, seperti panggung hiburan, panggung kehormatan, lapangan upacara, pendopo, musholla, menara pandang, dermaga, sarana air bersih siap minum, dan gazebo-gazebo untuk bersantai bersama teman dan keluarga,” kata Annisa, dikutip dari Antara, Selasa 12 April 2022.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Selain itu  wahana outbond dan panggung hiburan yang unik berbentuk kapal untuk mengenang peristiwa sejarah perjuangan warga Barito yang berhasil melawan penjajah Belanda dengan tenggelamnya kapal ounrust pada abad ke-18, juga menjadi daya tarik lokasi wisata tersebut.

Selain itu, kata Anisa, karena letaknya yang mudah di akses dengan kendaraan, baik kendaraan roda dua (sepeda motor) ataupun kendaraan roda empat (mobil).

“Maka tak heran jika tempat ini selalu ramai dengan pengunjung saat akhir pekan ataupun libur nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Ia menambahkan bagi warga masyarakat yang jenuh dengan hiruk pikuk suasana kota, dan ingin mendapatkan ketenangan,  Buper Panglima Batur ini menjadi salah satu alternatif yang paling tepat untuk bersantai bersama sanak keluarga.

“Dengan pesona alam yang masih asri, serta pepohonan yang rindang, cocok sekali untuk melepas penat dan jenuh, sekaligus menenangkan jiwa. Selain itu, kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan danau Trahean yang airnya jernih, dan menawarkan udara sekitarnya sangat sejuk,” kata dia.

Menariknya, saat ini Bumi Perkemahan Panglima Batur yang diambil dari nama seorang pahlawan daerah setempat ini merupakan Bumi Perkemahan dengan fasilitas paling lengkap kedua di Indonesia, setelah Cibubur, Jakarta.

(ANTARA/BS65)