15 April Diumumkan 58 Ribu Siswa Lolos SPAN-PTKIN 2022

Suasana konferensi pers Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (12/4/2022). (ANTARA/Asep Firmansyah)

JAKARTA – Sebanyak 58.140 siswa yang lolos Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2022 akan diumumkan pada Jumat (15/4).

“Pengumuman tanggal 15 April 2022 pukul 14.00 WIB,” ujar Kepala Sekretariat SPAN-UM PTKIN Mukhsin Jamil di Jakarta, Rabu 13 April 2022.

Mukhsin mengatakan seluruh proses SPAN dilakukan secara transparan dengan mempertimbangkan nilai rapor dan prestasi akademik.

“Proses seleksi sudah dilakukan dan itu murni berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik. Tidak ada intervensi,” katanya.

Ia mengatakan pada pendaftaran SPAN sekolah harus menginput terlebih dahulu data siswa yang layak mengikuti SPAN-PTKIN. Jika dulu finalisasi dilakukan oleh sekolah, kini siswa bisa langsung mendaftar sendiri apabila datanya sudah diinput oleh sekolah.

Berdasarkan data yang diperolehnya, ada sekitar 10 ribu sekolah yang menginput data siswanya ke sistem SPAN-PTKIN. Dari 10 ribu sekolah itu, terdapat sekitar 170 ribu data siswa yang masuk dan dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti jalur SPAN.

Dari 170 ribu itu kemudian dilakukan seleksi administrasi secara ketat sehingga diperoleh angka 58.140 siswa yang dinyatakan lolos jalur SPAN-PTKIN.

“Menjadi keunggulan penerimaan tahun ini, kalau dulu finalisasi dilakukan oleh sekolah karena email diberikan ke sekolah. Konsekuensinya para pendaftar ini belum tentu sesuai dengan siswa yang minat,” kata dia.

Ia meminta kepada siswa yang dinyatakan lolos jalur SPAN untuk segera mencari tahu informasi dan melakukan pendaftaran ulang di kampus tujuan. Sementara bagi mereka yang gagal di jalur SPAN, bisa mengikuti jalur UMPTKIN.

Adapun pendaftaran jalur UMPTKIN akan dibuka pada 25 April hingga 4 Juni 2022. “Siswa yang tidak diterima di SPAN bisa ikut di UMPTKIN,” kata dia. (Antara/beritasampit.co.id).