Bupati: Untuk Memberi Kemudahan Mudik Pemkab Akan Buat Posko Pelayanan Vaksin Booster

Bupati Kobar Hj.Nurhidayah.

PANGKALAN BUN – Menindak lanjuti arahan dari Gubernur Provinsi Kalteng Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Kotawaringin Barat (Kobar) akan mendirikan posko pelayanan vaksinasi Booster di semua pintu masuk wilayah, khsusunya di Pelabuhan Laut dan Bandara, untuk memberikan kemudahan bagi pemudik pada lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 mendatang.

“Kita telah melakukan vicon dengan Bapak Gubernur, salah satunya terkait persiapan arus mudik lebaran. Sekaligus percepatan vaksin dan Booster di pintu masuk Kalteng, yaitu dengan mendirikan posko vaksinasi untuk melayani pemudik,” kata  Nurhidayah, Rabu 13 April 2022.

“Untuk saat ini, terkait pendirian Posko masih dibahas bersama dengan Satgas Covid-19 Kobar. Adapun titik lokasinya, yaitu di Pelabuhan Panglima Utar Kumai dan Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Dan giat mudik lebaran tahun ini, deprediksi akan ada peningkatan. Sehingga beberapa saprpas pendukung terkait prokes juga disiapkan, mengingat saat ini masih ada Covid-19,” ujar Bupati.

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul dalam paparannya menyebutkan terkait perkembangan penanganan Covid-19 dan vaksinasi, bahwa terdapat sebanyak 96 pos pelayanan kesehatan selama arus mudik yang tersebar di beberapa tempat.

Ia juga mengungkapkan lokasi gerai vaksin di beberapa wilayah diantaranya Kapuas ada 2 gerai yakni di Desa Anjir Sarapat dan Bundaran Besar dengan target 1.000 dosis per hari.

Barito Timur terdapat 2 gerai yakni di Dusun Timur dan Dusun Tengah dengan target 1.500 dosis per hari. Lamandau terdapat 1 gerai yakni di Kudangan dengan target 500 dosis per hari, di Sukamara  terdapat 1 gerai yakni di perbatasan Sukamara-Kobar dengan target 500 dosis per hari.

Kantor kesehatan pelabuhan Palangkaraya terdapat 3 gerai yakni di Bandara Tjilik Riwut, Kantor KKP dan pelabuhan dengan target 1.500 per hari, serta di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sampit terdapat 4 gerai yakni di Bandara H. Asan, Bandara Iskandar, Pelabuhan Kumai dan Sampit dengan target 1.000 per hari. Ketersediaan vaksinator se-Kalteng berjumlah 1.832 orang. (man/beritasampit.co.id).