Cuti Bersama dan Mudik Idul Fitri Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins.

PALANGKA RAYA – Bank Indonesia menilai penerapan kebijakan cuti bersama dan diperbolehkannya mudik pada hari raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 M, akan berdampak positif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah dari sisi konsumsi masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Yura Djalins melalui rilis yang diterima pada Rabu 13 April 2022.

“Seiring dengan peningkatan aktifitas masyarakat secara historis permintaan penarikan uang oleh perbankan dari Bank Indonesia (outflow/uang keluar dari Bank Indonesia) akan meningkat jelang puasa Ramadhan dan Idul Fitri,” katanya.

BACA JUGA:   Diduga ada Pelanggaran Administratif Pemilu 2024, Bawaslu Kalteng Dampingi Sidang

Bank Indonesia Kalimantan Tengah mencatat jumlah outflow pada bulan Maret 2022 sebesar Rp1.022,2 miliar, meningkat 63,88 persen dibandingkan Februari 2022 yang sebesar Rp623,8 miliar.

“Pada April 2022, jumlah outflow diprakirakan kembali meningkat seiring diterapkannya kebijakan pemerintah terkait kewajiban pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Kalteng Selalu Berupaya Maksimal dalam Menekan Angka Inflasi di Daerah

Selain itu dirinya menambahkan, berdasarkan data proyeksi penarikan uang yang kami himpun, melalui Perbankan kebutuhan uang pada bulan Ramadhan tahun 2022 sebesar Rp 2,4 triliun, jumlah ini meningkat dari realisasi tahun sebelumnya yang menyentuh angka Rp 2,1 triliun. (Hardi/beritasampit.co.id).