Seluruh Camat di Kabupaten Gunung Mas Diminta Fasilitasi Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi

Wabup Gunung Mas Efrensia L.P Umbing memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Sabtu (26/2/2022).ANTARA/Chandra

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, meminta seluruh camat di wilayah setempat agar ikut memfasilitasi percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Seluruh camat diminta untuk memfasilitasi, termasuk memanfaatkan mobil operasional penanggulangan bencana yang ada secara optimal di masing-masing kecamatan,” kata Sekretaris Daerah Gunung Mas Yansiterson di Kuala Kurun, Rabu 13 April 2022.

Menurut dia, pemanfaatan mobil operasional penanggulangan bencana secara optimal di masing-masing kecamatan diharapkan dapat mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Upaya ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat mengikuti vaksinasi.

Saat ini, katanya, pemkab Gunung Mas bersama para pemangku kepentingan lainnya terus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 baik itu dosis lengkap maupun dosis ketiga atau booster, demi membentuk “herd immunity” atau kekebalan kelompok.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

“Salah satu upayanya yaitu dengan mengeluarkan surat perintah tugas (SPT) kepada perangkat daerah, untuk mengoordinir dan memacu pelaksanaan percepatan vaksinasi COVID-19 di seluruh kecamatan yang ada di daerah ini,” katanya.

Dia mengatakan, sampai 25 April 2022 mendatang, perangkat daerah akan melaksanakan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh kecamatan. Camat diminta melakukan sejumlah tugas seperti membuat langkah-langkah strategis percepatan vaksinasi.

Langkah selanjutnya yaitu mengadakan rapat terkait percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan camat, lurah, kepala desa, RT/RW, kepala pusat kesehatan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta TNI dan Polri.

“Mereka diminta melaporkan hasil setiap kegiatan vaksinasi setiap hari, membuat jadwal vaksinasi, membuat target jumlah yang akan divaksin, mengevaluasi kegiatan vaksin, dan masing-masing camat melakukan paparan capaian vaksinasi,” kata Sekda Gunung Mas.

BACA JUGA:   BNNP Kalteng Apresiasi Keberadaan Pusat Rehabilitasi Korban Narkoba di Gunung Mas

Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas Evelnie mengatakan, secara umum target vaksinasi di kabupaten setempat adalah 101.495 orang. Hingga Selasa (12/4) capaian dosis pertama adalah 89,94 persen dan dosis kedua 65,14 persen. Target vaksinasi booster sebanyak 85.986 orang atau telah mencapai 15,92 persen.

“Untuk target vaksinasi anak berjumlah 14.691 orang. Hingga Selasa (12/4) capaian vaksinasi anak untuk dosis pertama adalah 82,44 persen dan capaian dosis kedua 51,58 persen,” demikian Evelnie.

ANTARA

(Visited 2 times, 1 visits today)