Bohap Bin Jalan Suami Profesor Birute Mary Galdikas Meninggal Dunia, Sempat Koma 2 Bulan di RS

MAN/BERITA SAMPIT - Suasana rumah duka Almarhum Bohap Bin Jalan.

PANGKALAN BUN – Bohap Bin Jalan berusia 67 tahun, suami dari Prof. Dr. Birute Mary Galdikas telah meninggal dunia pada Minggu, 17 April 2022 dini hari sekitar Pukul 02.30 WIB di RSU Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Ayah saya sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit di Jakarta, karena mengidap kangker paru-paru, dan selama 2 bulan sempat koma, setelah siuman kemudian ayah dibawa ke Pangkalan Bun dan dirawat sekitar 2 minggu di Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun,” kata Frederick saat dikonfirmasi beritasampi.co.id di rumah duka Jalan Topar RT 02 Desa Pasir Panjang.

Dia mengaku sangat sulit untuk mengatakan kesan tentang Ayahandanya yang telah tiada, karena banyak sekali pesan dan kesan yang sulit untuk dilupakan saat Ayahandanya masih hidup.

BACA JUGA:   Personel  Tim Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Kobar Siaga Penuh Selama Ramadan

“Banyak sekali kesan ayah. Tapi yang paling utama saat inilah kami dengan keluarga besar melaksanakan perayaan terakhir  untuk ayah, sebelum dikebumikan pada hari Selasa, 19 April 2022 melalui upacara adat Dayak Kaharingan. Sambil menunggu kedatangan Ibu, yang sekarang masih berada di Jakarta,” ungkap Frederick.

Kata Frederick, apa bila Ayah nya memiliki kesalahan dan kekhilafan dengan siapapun, dengan kerendahan hati atas nama keluarga, mohon untuk dimaafkan.

Almarhum Bohap Bin Jalan, dari perkawinannya dengan Prod. Dr. Birute Mary F Galdikas, membuahkan keturunannya 2 anak. 1 laki – laki bernama Frederick dan 2 perempuan bernama Jane.

Sebelumnya, Prof. Dr. Birute Mary Galdikas lantaran pandemi Covid-19 sedunia, sempat tertahan tinggal di Amerika sekitar 2 tahun lebih. Setelah diberitahu suaminya Bohap sakit, dan kebetulan situasi Covid-19 sedunia sudah agak mereda menyusul dibukanya kembali penerbangan antar Negara.

BACA JUGA:   Ini Pesan Penjabat Bupati Kobar Kepada 510 Petugas Kebersihan yang Telah Membawa Kembali Piala Adipura ke XIII

Pada Desember 2021 Birute pulang ke Indonesia menuju Jakarta dan langsung ke Rumah Sakit Silom Jakarta, untuk menjenguk sekaligus merawat Bohap. Karena sakit Bohap cukup parah (drop), akhirnya mengalami koma sampai 2 bulan lebih.

2 Minggu kemudian Almarhum pulang ke Pangkalan Bun, dirawat kembali di RSU Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, setelah dirawat selama 2 minggu, pada Minggu pagi sekitar 02.30 WIB Almarhum menghembuskan nafas yang terakhirnya .

Almarhum Bohap Bin Jalan, akan dikebumikan dengan Upacara Adat Dayak Kaharingan, sekitar Pukul 12.00 WIB Selasa, 19 April 2022, kuburannya berdampingan dengan rumah tinggalnya di Jalan Topar RT 02 Desa Pasir Panjang. (Man/beritasampit.co.id).