Komisi V DPR Dukung Pembangunan Jembatan Kembar di Balangan

Bupati Balangan Abdul Hadi saat mendampingi Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha saat memantau pembangunan Jalan dan Jembatan Kembar di Paringin, Kabupaten Balangan, Senin (18/4/2022). ANTARA/HO-Prokopim Balangan

BALANGAN – Komisi V DPR RI mendukung pembangunan jalan dan jembatan kembar di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan segera terealisasi sehingga dapat mengurangi beban Jembatan Paringin yang sempat rusak.

“Kita sangat mendukung untuk sesegeranya dibangun jembatan kembar di sini,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syaifullah Tamliha di Paringin, Selasa 19 April 2022.

Kemarin, lanjut dia, sudah disampaikan juga ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Semoga paling lambat tahun depan sudah mulai direalisasikan, dengan dukungan dari rekan-rekan di Komisi V DPR RI,” ujarnya.

Menurut Syaifullah, sudah selayaknya dibangun jalan dan jembatan kembar di Paringin, untuk mengurangi beban Jembatan Paringin yang sempat rusak parah beberapa waktu lalu itu.

Terlebih, kata dia, ini merupakan jalur utama penghubung ke Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, sehingga menjadi salah satu jalur utama menuju ibukota negara baru nantinya.

Dia mengharapkan, dengan dibangunnya jembatan kembar nanti, arus transportasi menjadi lebih lancar, serta menciptakan kenyamanan bagi pengguna jalan dan warga sekitar dalam beraktivitas.

Seperti diketahui, Kabupaten Balangan menjadi salah satu titik yang disinggahi rombongan Komisi V DPR RI yang melakukan kunjungan kerja dalam rangka reses masa sidang IV tahun 2021-2022 ke Kalimantan Selatan.

Kepala Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Kalsel Syauqi menuturkan, sejatinya rencana pembangunan jalan dan jembatan kembar di Paringin Kabupaten Balangan ini sudah diusulkan dua tahun lalu.

“Namun karena berbagai macam kendala salah satunya faktor pandemi, ada refocusing anggaran, maka realisasinya tertunda,” tutur Syauqi.

Bupati Balangan Abdul Hadi yang mendampingi sekaligus menyambut kedatangan rombongan Komisi V DPR RI, sangat berharap pembangunan jalan dan jembatan kembar di Paringin bisa terus dikawal sampai terealisasi.

“Mohon dukungan dari anggota Komisi V DPR RI agar pembangunan jalan dan jembatan kembar ini bisa terealisasi dalam waktu dekat,” kata dia.

ANTARA