Pangeran Arsjadinsjah: Almarhum Bohap Bin Jalan Berjasa Mengharumkan Nama Kobar

MAN/BERITA SAMPIT - Pangeran Arsjadinsjah dari Keraton Istana Kuning Kutawaringin Pangkalan Bun, juga ikut hadir dalam acara pemakaman Almarhum Bohap Bin Jalan.

PANGKALAN BUN – Pangeran Arsjadinsjah dari Keraton Istana Kuning Kutawaringin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang ikut hadir dalam Pemakaman Almarhum Bohap Bin Jalan dengan Upacara Adat Dayak Kaharingan mengucapkan Bela Sungkawa atas meninggalnya Bohap Bin Jalan.

“Kami atas nama dari Keraton Istana Kuning Kutawaringin Pangkalan Bun mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Bohap Bin Jalan. Almarhum semasa hidupnya memiliki jasa yang luar biasa untuk Kabupaten Kobar, bahkan untuk Kalteng dan Manca Negara,” kata Pangeran Arsjadinsjah, mendampingi Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Selasa 19 April 2022, usai acara pemakaman Bohap Bin Jalan.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Menurut Pangeran, dia pernah tahu tentang kisah Almarhum Bohap pada zaman mudanya, yang aktif berdampingan membantu kegiatan Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas melestarikan kehidupan Orangutan di Hutan Rimba Tanjung Putting.

“Walaupun disaat jelang akhir hayatnya, saya jarang bertemu dengan Bapak Bohap tapi saya tahu dan sebelumnya saya kenal baik dengan Pak Bohap. Beliau itu jasanya telah mengharumkan nama Kabupaten Kotawaringin Barat, sampai ke Manca Negara, melalui Ibu Birute,” ujar Pangeran.

BACA JUGA:   Ini Pesan Penjabat Bupati Kobar Kepada 510 Petugas Kebersihan yang Telah Membawa Kembali Piala Adipura ke XIII

Di berharap, sepeninggalnya almarhum Bohap, nantinya akan bermunculan Bohap-Bohap lainnya meneruskan perjuangan Almarhum melestarikan Orangutan bersama Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan keluarga besarnya.

“Itulah kesan dari saya, kalau pesannya semoga almarhum Bohap Bin Jalan diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa, dan bagi keluarganya yang ditinggalkan semoga pula tabah menghadapinya,” pungkas Pangeran Arsjadinsjah. (Man/beritasampit.co.id).