Ketua DPRD Harapkan Perempuan di Barito Utara Jadi Contoh Kedua Kartini

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Peringati Hari Kartini seluruh anggota DPRD saat foto bersama di ruang paripurna DPRD setempat. Kamis 21 April 2022.

MUARA TEWEH- Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara peringati hari kartini, khususnya bagi anggota DPRD perempuan menggunakan pakaian kebaya, Kamis 21 April 2022.

“Pada hari ini kita mengenang kembali tokoh perempuan Raden Ajeng Kartini yang telah dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan,” ujar Mery Rukaini.

Menurut Mery pakaian yang digunakan anggota DPRD khususnya perempuan menggunakan baju kebaya adalah sebagai lambang emansipasi perempuan.

“Mengingat pakaian kebaya itulah yang dikenakan Raden Ajeng Kartini sebagai bentuk kebangkitan tokoh perempuan,” tambah Mery.

Dijelaskannya Kartini dikenal sosok seorang perempuan, selain berperan sebagai ibu rumah tangga mendampingi suami sekaligus berperan sebagai ibu yang membesarkan anak-anaknya.

“Untuk itu marilah kita terus berkarya melanjutkan perjuangan dan harapan Kartini di masa depan, izinkan saya menyampaikan Selamat Hari Kartini selamat buat wanita-wanita hebat masa kini,” ungkapnya.

Momentum hari Kartini ini, ia berharap agar kaum perempuan bisa menghargai Kartini sebagai tokoh perjuangan kaum perempuan, tidak hanya mengurus suami dan anak dirumah tetapi berkiprah membantu masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

“Sehingga tanpa perjuangan Raden Ajeng Kartini, terutama saya sendiri tidak bisa seperti sekarang, tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi, tidak bisa sebagai perwakilan gender. Jadi saya mengimbau kepada kaum perempuan di Barito Utara bisa menjadi contoh kedua dari Raden Ajeng Kartini,” pungkasnya.

(ISK/beritasampit.co.id)