Pemudik Disarankan Gunakan Angkutan Kendaraan Resmi

Petugas Terminal WA Gara dan personel Satlantas Polresta Palangka Raya melakukan pengecekan terhadap Ramp Check dan tes urine terhadap sopir bus yang hendak berangkat ke kabupaten kota lainnya, Rabu (21/4/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo menyarankan agar warga yang akan mudik  menggunakan  angkutan umum resmi  agar lebih mudah meminta pertanggungjawaban bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Menurut Sigit di Palangka Raya Kamis 21 April 2022, kendaraan angkutan umum yang dikelola secara resmi benar-benar diperhatikan oleh sejumlah instansi terkait. Misalnya, sopir bus yang berada di terminal di ‘Kota Cantik’, sebelum berangkat mengangkut penumpang dilakukan pengecekan kesehatan serta zat-zat kandungan narkotika di tubuhnya untuk menjamin keselamatan penumpang selama dalam perjalanan.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

Selain itu, sambung anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya tersebut, para penumpang angkutan kendaraan resmi juga akan mendapatkan asuransi dari tiket yang dibeli.

Berdasarkan hal tersebut, kata dia, masyarakat diimbau jangan pernah menggunakan angkutan yang tidak resmi, karena ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, para penumpang dikhawatirkan tidak mendapatkan asuransi.

“Masyarakat kita sudah cerdas dalam persoalan seperti ini, namun tidak ada salahnya saya terus mengingatkan karena menjelang mudik Lebaran 1443 Hijriah yang hanya tinggal beberapa hari lagi,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Tingkatkan Silahturahmi Keluarga Besar RSUD Palangka Raya Gelar Buka Puasa Bersama

Berdasarkan pantauan di lapangan, Satuan Lalu Lintas, Satuan Reserse Narkoba Polresta Palangka Raya, Dinas Perhubungan Kota setempat dan petugas terminal WA Gara melakukan Ramp Check terhadap armada bus. Para sopir bus juga dilakukan tes urine guna mengetahui kesehatan mereka, sebelum melaksanakan perjalanan menuju jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan.

ANTARA