Perhatikan Keberadaan Saluran Irigasi

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG – Untuk mendukung perkembangan sektor pertanian yang ada di Kabupaten Seruyan, jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya untuk terus memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan sektor tersebut.

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengungkapkan, salah satu hal yang juga perlu diperhatikan oleh OPD terkait adalah keberadaan saluran-saluran irigasi yang ada di kawasan lahan pertanian masyarakat.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Karena saluran irigasi ini memegang peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan pengembangan sektor pertanian. Karena fungsinya sangat vital yang berkaitan dengan sistem pengairan untuk lahan persawahan masyarakat petani kita,” katanya, Jumat 22 April 2022.

Ia mengungkapkan, peran irigasi dalam meningkatkan produksi padi sawah yaitu dapat memudahkan dalam pengolahan tanah sampai dengan sebagai sarana penyedia air bagi tanaman apabila sudah memasuki musim kemarau.

Disamping itu, dengan tersedianya saluran drainase atau irigasi pertanian yang memadai, maka dapat mencegah terjadinya kebanjiran lahan pertanian pada saat musim penghujan.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Makanya normalisasi saluran-saluran irigasi pertanian itu harus betul-betul dilakukan. Untuk di Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur ini saya rasa tinggal pengelolaannya saja, karena kita sudah punya cukup banyak saluran irigasi atau drainase tersebut. Rutin dibersihkan secara berkala untuk memastikan saluran tersebut berfungsi dengan baik,” pungkasnya.