Kesigapan Damkar BPBD, Karhutla di Pasir Panjang Tidak Sampai Melahap Perumahan

Ist/BERITA SAMPIT : Api nyaris melalap bangunan Rumah TK . Dan nampak Tim Damkar BPBD Kobar dan Manggala Agni saat bertugas memadamkan api di sekitar lokasi kebakaran di Desa Pasir Panjang.

PANGKALAN BUN – Warga Perumahan Bumi Asih Permai Gang 06 Blok K 11. RT 17 Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sambil mengelus dada mengucapkan syukur, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan tersebut tidak sampai melahap pemukiman.

“Alhamdullilah, untung sekali tim pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Kobar datang, jadi api tidak sampai melahap rumah di pemukiman,“ kata Astadi, warga setempat saat di konfirmasi Sabtu 23 April 2002, meski asap di lokasi lahan gambut masih tampak mengepul.

“Memang tadi siang cuaca sedang panas tiba-tiba ada kebakaran lahan, warga sempat panic karena api takut menjalar keperumahan lainnya,  bahkan api sudah mau menyambar bangunan TK tapi untung Tim BPD keburu datang, jadi api yang nyaris sudah mendekati lahan rumah warga langsung disemprot oleh damkar,’ menurut keterangan warga lainnya.

BACA JUGA:   Perumdam Tirta Arut  Pangkalan Bun Gelar Senam Masal Sehat Bersama Masyarakat Kumai

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kobar Syahruni, saat dikonfirmasi Sabtu 23 April 2022 membenarkan telah terjadi Karhutla di Desa Pasir Panjang, tepatnya di Gang 06 Blok K.11. RT.17 Perumahan Bumi Asih Permai Desa Pasir Panjang.

“Setelah mendapat laporan dari warga dan personil Manggala Agni, kami Armada Damkar dari BPBD langsung menuju lokasi. Luas kebakaran diperkirakan 1 hekar dan api yang baru bisa dipadamkan sekitar setengah hekar”, kata Syahruni.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Seraya menambahkan dalam musibah kebakaran ini, belum diketahui pasti api berasal dari mana.

“Yang penting BPBD Kabupaten Kobar dibantu Tim yang terkait telah berupaya memadamkan api, dengan  Sapras 3 Unit Truk Tangki BPBD, 1 Unit Tangki Manggala aqni peralatan – 6 unit roda 2 Trill – 5 selang – 2 nosel – 1 Y Coneksen. Dan mopping up akan  dilakukan kembali besok hari untuk memastikan bahwa api benar-benar padam,“ pungkas Syahruni. (man/beritasampit.co.id)