Srikandi SMKN 3 Kapuas Kenakan Kebaya di Hari Kartini

Foto bersama Kepala SMKN 3 Kapuas Suriani dengan para guru perempuan dan administrasi yang mengenakan kebaya dalam rangka memeperingati Hari Kartani, Kamis 21 April 2022.

KUALA KAPUAS – Momen Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April diperingati dengan cara berbeda oleh para guru dan administrasi di SMK Negeri 3 Kuala Kapuas. Dimana, mereka khususnya para srikandi di sekolah tersebut mengenakan baju tradisional kebaya.

“Untuk memeriahkan acara, para Kartini SMK Negeri 3 Kuala Kapuas mengenakan busana tradisional kebaya saat mengajar di ruang kelas,” ujar Kepala SMK Negeri 3 Kapuas, Suriani, Sabtu 23 April 2022.

Sambung dia, tujuan dalam peringatan Hari Kartini adalah untuk menghormati perjuangan RA Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di era modern.

“Yang secara khusus, terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang,” katanya.

Lanjut Suriani, dengan memakai pakaian tradisional kebaya akan memberikan makna perjuangan Kartini untuk kaum perempuan.

Selain itu, menurutnya, merupakan momen mengenalkan budaya pada generasi penerus bangsa, dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia, serta untuk menghargai perjuangan RA Kartini, yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita.

“Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan, dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender,” pungkas Suriani.

Untuk diketahui, dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kartini, juga dilakukan penyerahan tali kasih berupa pembagian bahan pokok kepada semua GTT dan PTT yang bernaung di SMKN 3 Kuala Kapuas.

(irfan/beritasampit.co.id)