Demi Puncaki Klasemen Serie A, AC Milan Kalahkan Lazio 2-1

Selebrasi Sandro Tonali (kanan) setelah mencetak gol kemenangan AC Milan dalam pertandingan Serie A lawan Lazio pada 25 April 2022. ANTARA/REUTERS/ALBERTO LINGRIA

JAKARTA – AC Milan memuncaki klasemen seusai mengalahkan Lazio 2-1 dalam laga pekan ke-34 Liga Italia di Stadio Olimpico pada Senin 25 April 2022 dini hari WIB.

Lazio berhasil mencetak gol lebih dahulu melalui Ciro Immobile. Namun AC Milan kemudian bisa membalas dua gol melalui Olivier Giroud dan Sandro Tonali, demikian catatan laman resmi Serie A.

Hasil tersebut membuat Milan mengoleksi 74 poin dari 34 laga dan mereka naik ke pucuk klasemen Serie A 2021-22, sementara Lazio tertahan di posisi tujuh dengan koleksi 56 poin.

Lazio membuka keunggulan pada menit ke-4 keempat melalui gol Ciro Immobile.

Sergej-Milinkovic Savic sukses menembus pertahanan kiri Milan dan mengirim umpan tarik ke tengah kotak penalti. Bola kemudian disambar oleh Immobile yang melepaskan diri dari pengawalan Kaluku.

Milan berusaha membalas. Peluang sempat didapat Giroud dengan tandukannya pada menit ke-17, seusai mendapat umpan silang dari Messias. Sayang bola masih melebar dari sasaran.

Pada menit ke-23, Lazio mendapat peluang emas melalui serangan balik. Immobile mendapat peluang menerobos pertahanan Milan usai mendapat umpan terobosan dari tengah. Namun, peluang itu digagalkan oleh tekel Maignan yang keluar dari gawangnya.

Milan menggempur pertahanan Lazio dan beberapa kali kembali menciptakan peluang. Pada menit ke-43 Theo Hernandes melakukan tendangan bebas, namun bola masih bisa dihalau oleh Strakosha.

Milan gagal mencetak gol balasan hingga babak pertama berakhir dengan keunggulan satu gol untuk Lazio.

Selepas turun minum, AC Milan mampu menyamakan skor pada menit ke-50 setelah Leao menerobos pertahanan kanan Lazio sebelum mengirim umpan tarik ke tengah kotak penalti yang disambar Giroud di tiang dekat.

Messias mendapatkan peluang emas pada menit ke-59 lewat umpan matang Leao, namun sang pemain Brazil yang berdiri bebas tanpa kawalan di tiang jauh menyepak bola melebar ke kanan gawang Strakosha.

Milan kemudian memasukkan Ante Rebic dan Zlatan Ibrahimovic untuk menggantikan Brahim Diaz dan Olivier Giroud.

Rebic dan Ibrahimovic sempat merepotkan kiper Lazio dengan tembakan mengarah ke gawang, meski Stakosha masih dapat menghalaunya.

Pada menit 90+2. Milan akhirnya sukses menjebol gawang Lazio setelah Rebic merebut bola dari pemain Lazio di sisi sayap kiri. Bola kemudian diumpan ke kotak penalti, tetapi gagal dihalau dengan baik oleh bek tuan rumah.

Bola kemudian disundul oleh Ibrahimovic kembali ke tengah kotak penalti sebelum diselesaikan Sandro Tonali dengan kaki kanannya.

Gol itu pun membalikkan keadaan untuk Milan yang mengunci kemenangan 2-1 di kandang Lazio.

Susunan Pemain:
Lazio (4-3-3): Thomas Strakosha; Manuel Lazzari, Patric, Francesco Acerbi, Stefan Radu; Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Leiva, Luis Alberto; Felipe Anderson, Ciro Immobile, Mattia Zaccagni.

AC Milan (4-2-3-1): Mike Maignan; Davide Calabria (c), Pierre Kalulu Kyatengwa, Fikayo Tomori, Theo Hernandez; Sandro Tonali, Franck Kessie; Junior Messias, Brahim Diaz, Rafael Leao; Olivier Giroud. (Antara/beritasampit.co.id).