Jelang Lebaran Penumpang Bandara Tjilik Riwut Meningkat 30 persen

Kadishub Kalteng Yulindra Dedy (kanan) didampingi EGM AP II Bandara Tjilik Riwut Eries Harmawandi meninjau terminal bandara dalam suasana menghadapi arus mudik Lebaran, Palangka Raya, Senin, (25/4/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah peningkatan jumlah penumpang melalui Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mulai terjadi.

“Pada arus mudik Lebaran ini, sudah mulai terjadi peningkatan penumpang jika dibandingkan hari biasa, yakni berkisar antara 25-30 persen,” kata Executive General Manager (EGM) AP II Bandara Tjilik Riwut Eries Harmawandi di Palangka Raya, Senin 25 April 2022.

Dia menjelaskan, jika di waktu normal penumpang baik yang datang maupun berangkat berkisar antara 900-1.000 orang per hari, maka periode Lebaran ini terbanyak mencapai hingga 1.900 penumpang per hari. Penumpang masih didominasi tujuan Surabaya dan Jakarta.

Namun yang mengalami peningkatan hanyalah jumlah penumpang, sedangkan untuk pergerakan pesawat masih sama dan tidak ada penambahan. Dalam sehari, berkisar antara 14-18 penerbangan termasuk kargo.

“Sampai saat ini selama periode angkutan Lebaran kami belum ada menerima pengajuan penerbangan ekstra dari maskapai,” tuturnya.

Hingga saat ini aktivitas pergerakan penumpang maupun pesawat menjelang Lebaran di Bandara Tjilik Riwut berjalan aman dan lancar. Adapun puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 28-29 April 2022.

Pihaknya menyediakan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 1443 Hijriah untuk mendukung kelancaran arus mudik.

“Posko ini selain pengendalian, juga untuk memonitoring dan memberi pelayanan kepada pengguna jasa. Kami juga bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya, termasuk TNI dan Polri,” jelasnya.

Bandara Tjilik Riwut siap menyukseskan mudik Lebaran dan mewujudkan mudik yang aman dan sehat. Tentunya dengan mematuhi berbagai ketentuan yang berlaku, termasuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu Kepala Kantor Kesehatan dan Pelabuhan Kelas III Palangka Raya Ucup Supriyadi menjelaskan, untuk mendukung kelancaran arus mudik khususnya di Bandara Tjilik Riwut, pihaknya menyiapkan gerai vaksinasi.

“Petugas yang siap bertugas total ada 18 personel, dibagi jadwalnya dengan sistem peralihan atau bergantian,” katanya.

Diharapkan keberadaan gerai vaksinasi tersebut membantu para pemudik yang akan melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya, serta terus meningkatkan capaian vaksinasi di Kalteng.

ANTARA