Rakorda Program Bangga Kencana Momentum Lahirkan Rumusan Strategis

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalteng Katma F. Dirun

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalteng Katma F. Dirun menghadiri acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Bangga Kencana Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Senin 25 April 2022.

Dalam kesempatan itu Katma menyampaikan, kegiatan ini menunjukan komitmen dan perhatian terhadap Program Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Program percepatan penurunan stunting juga menjadi salah satu program prioritas di Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Gubernur Kalimantan Tengah, yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalimantan Tengah Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis), melalui mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing,” ucapnya.

Apalagi, secara khusus, Provinsi Kalimantan Tengah pun mendapat amanat untuk menurunkan prevalensi stunting sebesar 15,38 persen pada tahun 2024 dan 14 persen secara nasional. Tentu saja, seluruh upaya percepatan penurunan stunting ini tidak cukup hanya dengan upaya keras saja. Harus ada koordinasi lintas sektor serta sinergi Pemerintah, mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa. Dalam upaya menghasilkan koordinasi dan sinergi tersebut, diperlukan adanya momentum dimana seluruh pemangku kepentingan, terkait duduk bersama untuk merumuskan kebijakan sekaligus intervensi yang sifatnya strategis.

“Oleh karena itu, saya melihat bahwa Rapat Koordinasi Daerah Program Bangga Kencana ini merupakan momentum tepat, untuk melahirkan berbagai rumusan strategis dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kalimantan Tengah. Pertemuan ini pun dapat dijadikan momentum yang baik untuk semakin memperkuat komitmen seluruh pihak terkait, sehingga upaya percepatan penurunan stunting di tiap tingkatan wilayah benar-benar mendapatkan perhatian serius,” lugasnya.

Selain itu dirinya mengapresiasi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah yang telah menginisiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah ini. Melalui kegiatan ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, selaku Ketua Sekretariat Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kalimantan Tengah, telah bersungguh-sungguh meleburkan Visi Presiden RI, Visi Gubernur Kalimantan Tengah dan Visi Instansi BKKBN itu sendiri dalam gerak bersama melakukan percepatan penurunan stunting, dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan khususnya Kalimantan Tengah.

“Saya menaruh harapan besar pada Rapat Koordinasi Daerah dengan tema “Meningkatkan Strategi dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting Melalui Lintas Sektor“ ini. Jangan sampai pertemuan ini hanya menjadi rutinitas belaka, sebagai pemenuhan target jadwal kegiatan tahunan,” harapnya.

Rapat Koordinasi Daerah ini harus mampu menghasilkan perencanaan, kesepakatan, dan rumusan terukur, untuk mengakselerasi upaya percepatan penurunan stunting di Kalimantan Tengah. (Hardi/beritasampit.co.id)