Realisasikan Usulan 17 Unit Perahu Untuk Kelompok Nelayan di Desa Bangkal

Anggota DPRD Seruyan Arahman

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar bisa merealisasikan bantuan perahu nelayan untuk Kelompok Nelayan Ruhui Hasundau yang ada di Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya.

Anggota DPRD Seruyan Arahman mengungkapkan, masyarakat nelayan desa setempat mengusulkan pengadaan sebanyak 17 unit perahu nelayan yang mampu menampung muatan dengan kapasitas 400 kilogram.

Yang mana hal itu diusulkan oleh masyarakat setempat pada saat pihaknya melaksanakan reses di daerah pemilihan (dapil) II yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Itu diusulkan pada saat kita melaksanakan reses di desa setempat. Mereka mengaspirasikan agar bisa dibantu terkait pengadaan kapal nelayan tersebut, karena memang sangat dibutuhkan,” katanya, Senin 25 April 2022.

Ia menjelaskan, masyarakat mengusulkan bantuan perahu yang hendaknya juga dilengkapi dengan peralatan untuk menangkap ikan seperti jaring dan lain sebagainya.

Dapil II sendiri merupakan wilayah penghasil perikanan tangkap sungai maupun budidaya yang cukup melimpah, sehingga tidak heran jika banyak masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan. Maka dari itu, ia menilai apa yang diusulkan oleh masyarakat nelayan tersebut merupakan hal yang sangat patut untuk ditindaklanjuti untuk meningkatkan hasil tangkapan.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Mereka juga mengusulkan agar itu juga bisa dilengkapi dengan perlengkapannya, supaya mereka tidak kerepotan lagi. Seperti alat tangkap dan lain sebagainya itu harus diperhatikan. Karena yang namanya alat seperti jaring ikan dan lain-lain itu merupakan sarana penting bagi mereka untuk menangkap ikan,” jelasnya.