BNI Salurkan Kredit Rp591,68 Triliun Pada Triwulan I

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar . ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah menyalurkan kredit sebesar Rp591,68 triliun pada triwulan I 2022 atau tumbuh 5,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

“Posisi ini sudah lebih tinggi dari kondisi sebelum pandemi yakni triwulan I 2020,” kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam Public Expose Kuartal I 2022 di Jakarta, Selasa 26 April 2022.

Ia menjelaskan kredit di segmen business banking masih menjadi motor akselerasi bisnis kredit BNI, dengan pertumbuhan 4,8 persen (yoy) menjadi Rp489,3 triliun.

Pertumbuhan ini terutama ditopang oleh pembiayaan ke segmen korporasi swasta yang tumbuh 9,9 persen (yoy) menjadi Rp193,2 triliun, segmen large commercial yang tumbuh 24,5 persen (yoy) menjadi Rp46,1 triliun, serta segmen UMKM tumbuh 11,8 persen (yoy) dengan nilai kredit Rp 98 triliun.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Banggar DPR Minta TPID Pantau Komoditas Pangan Jelang Lebaran 2024

“Kenaikan ekspansi kredit di seluruh segmen tersebut sejalan dengan kondisi perekonomian nasional yang juga sudah mulai pulih,” tuturnya.

Lebih lanjut Royke menyampaikan sektor yang dibidik di segmen business banking adalah sektor perdagangan, infrastruktur, dan industri pengolahan.

Pembiayaan segmen hijau juga terus menunjukkan kebutuhan pembiayaan dengan ticket size besar sekaligus berkualitas, sehingga dapat menjadi motor pendorong kredit sindikasi, salah satu penopang kredit korporasi perseroan.

BACA JUGA:   Legislator Golkar Minta TPID Pantau Kenaikan Harga Sembako Jelang Ramadhan

Sementara dari sisi konsumer, kredit payroll dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membukukan penguatan kinerja positifnya pada awal tahun ini, dengan pertumbuhan masing-masing 18,8 persen (yoy) dan 8,4 persen (yoy).

Secara keseluruhan ia menyebutkan kredit konsumer tumbuh 11,4 persen (yoy), ditopang brand consumer banking BNI yang terbentuk dengan baik sehingga mampu memberi daya saing yang sangat kuat dalam berkompetisi dengan peers untuk melayani kebutuhan pembiayaan konsumer masyarakat. (Antara/beritasampit.co.id).