Jasa Raharja Kalteng Siapkan Posko Kesehatan Selama Arus Mudik

Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Tengah Iman Raharja (kanan) di Palangka Raya, Selasa (26/4/2022). (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah menyiapkan empat posko kesehatan selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Empat posko kesehatan itu berada di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Pelabuhan Sampit, dan Pasar Panas Tamiang Layang,” kata Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Tengah Iman Raharja di Palangka Raya, Selasa 26 April 2022.

Selain itu, Jasa Raharja Kalteng juga mengoperasionalkan mobil unit keselamatan di sejumlah lokasi seperti di Terminal AKAP WA Gara, PO Yessoe, Travel Sumertha Sari, dan PO Logos.

“Posko Idul Fitri 2022 ini berlangsung sejak H-7 hingga H+7 Lebaran atau terhitung sejak 25 April hingga 10 Mei,” kata Iman.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tidak Ada Kejelasan, Netizen Ramai-ramai Serbu Akun Instagram Disdikkalteng

Pihaknya juga menyiapkan Pos Pemantau Kecelakaan Lebaran dengan tugas pokok melakukan monitoring terjadinya kecelakaan. Kemudian juga memantau korban kecelakaan yang dirawat di rumah sakit atau puskesmas.

Menurut dia, petugas pos juga melakukan koordinasi dengan mitra kerja dan mengambil langkah pelayanan untuk kelengkapan dokumen persyaratan guna mempercepat proses pembayaran santunan.

“Proses pembayaran santunan juga akan diproses secara cepat dengan masyarakat telah memperoleh laporan polisi. Jangka maksimal pembayaran tiga hari, tapi kita akan berupaya sehari atau maksimal dua hari selesai,” katanya.

Dia mengatakan, dalam rangka edukasi dan sosialisasi peningkatan keselamatan pada para pengguna angkutan dan pemudik, Jasa Raharja Kalteng juga menyebar spanduk imbauan.

BACA JUGA:   Wakil Jaksa Agung RI Berikan Arahan kepada Kejari se-Kalteng saat Kunker di Kejati

“Kami juga memasang spanduk imbauan untuk keselamatan berlalu lintas dan mencegah penyebaran COVID-19 sebanyak 140 titik. Ditempatkan di posisi strategis di seluruh wilayah Kalteng,” katanya.

Selama pelaksanaan posko Lebaran 2022, Jasa Raharja Kalteng juga menggelar aksi simpatik dengan membagikan 60 bingkisan kepada sejumlah pos terpadu yang didirikan oleh mitra kerja.

“Kemudian, kami juga memberikan 40 paket Alat Pelindung Diri (APD) guna pencegahan COVID-19, masker, hand sanitizer, vitamin dan lain sebagainya kepada petugas pos terpadu,” katanya.

Dia meminta para pemudik berhati-hati dalam perjalanan. Pastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan, pengemudi dalam kondisi sehat serta selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

ANTARA