Maksimalkan Penarikan Pajak Perumahan PBS

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko

KUALA PEMBUANG – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya untuk terus memaksimalkan upaya dalam rangka peningkatan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko mengungkapkan, bahwa sektor perkebunan masih menjadi sektor yang sangat potensial jika hendak memaskimalkan peningkatan realisasi PAD tersebut.

“Karena wilayah kita inikan banyak Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit yang beroperasi. Di situ pasti banyak perumahan-perumahan yang bisa dimaksimalkan penarikan pajak bangunannya,” katanya, Rabu 27 April 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah daerah harus segera melakukan upaya jemput bola karena diyakini banyak perumahan-perumahan yang dibangun oleh pihak perusahaan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan lain sebagainya.

“Belum lagi pajak-pajak yang lain, seperti pajak air permukaan, Penerangan Jalan Umum (PJO) dan sebagainya. OPD terkait harus melakukan upaya jemput bola, jangan sampai ada potensi-potensi seperti itu yang tidak tergali,” tambahnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Maka dari itu, dirinya mengimbau agar pemerintah daerah jangan sampai lengah terkait dengan permasalahan PAD ini. “Kita dari lembaga DPRD tentunya akan terus memantau dan mengawasi, kita juga siap untuk bersinergi jika diperlukan dalam upaya peningkatan realisasinya,” pungkasnya.