Pembangunan Transportasi Perkeretaapian di Kalteng Memiliki Potensi Peningkatan Perekonomian

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (Mou) Pemerintah Provinsi Kalteng dengan PT. INKA Persero.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Provinsi Kalteng dengan PT. Industri Kereta Api (INKA) Persero Tentang Rencana Penyelenggaraan Proyek Perkeretaapian di Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 27 April 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Edy Pratowo mengatakan, dalam rangka pembangunan transportasi perkeretaapian di Kalteng yang telah tercatum di dalam rencana tata ruang dan wilayah Provinsi Kalteng Tahun 2015-2035, Pemerintah Provinsi Kalteng telah merencanakan pengembangan sistem jaringan transportasi perkeretaapian, yang terdiri dari lima rute yang memiliki potensi dalam membantu peningkatan perekonomian, dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Peroleh Predikat B Kategori SAKIP Tahun 2021

“Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalteng sangat menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh PT. INKA Persero untuk membantu dan bersinergi dengan Pemprov. Kalteng dalam melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Provinsi Kalteng sebagaimana telah ditegaskan dalam tata ruang dan wilayah Provinsi Kalteng,” ucapnya.

Edy Pratowo menambahkan, apa yang kita laksanakan saat ini, adalah sebagai bentuk komitmen Pemda membuka ruang, dan peluang kepada setiap investor yang akan mengembangkan rencana jaringan transportasi perkeretaapian, yang ada di Kalteng, dengan mengikuti setiap ketentuan yang berlaku sehingga pelayanan perkeretaapian dapat menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan, cepat dan terjangkau untuk masyarakat.

BACA JUGA:   Pemprov Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Pentingnya 1.000 HPK

“Melalui kajian bersama yang dilakukan mulai saat ini, akan menghasilkan dokumen perencanaan jaringan transportasi perkeretaapian yang akan memberikan rekomendasi terkait pola konektivitas yang makin baik. Sehingga mobilitas masyarakat akan makin mudah dan lancar, serta titik-titik perekonomian baru akan tumbuh,” jelasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)