Pemkab Lamandau Tingkatkan IPA PDAM Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Dokumentasi - Bupati Lamandau Hendra belum menemui Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi mengoordinasikan pengembangan IPA PDAM Lamandau, Jakarta, belum lama ini. (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mendorong peningkatan Instalasi Pengolahan Air Perusahaan Daerah Air Minum (IPA PDAM) untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat secara optimal.

“Hal ini mengingat telah terjadi antrean daftar tunggu pelanggan yang cukup banyak di PDAM,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Minggu 1 Mei 2022.

Berdasarkan data yang dia terima, pada tahun 2022 ini antrean daftar tunggu pelanggan sudah lebih dari 3.094 Sambungan Rumah (SR), sehingga perlu adanya peningkatan IPA tersebut.

“Melalui peningkatan IPA PDAM, diharapkan mampu memenuhi dan meningkatkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Berbagai upaya dilakukan pemkab untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut, termasuk di antaranya berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Hendra mengatakan, belum lama ini pihaknya menemui Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi untuk mengoordinasikan tentang pengembangan IPA PDAM Lamandau.

Di sana pihaknya menyampaikan berbagai hal yang diperlukan untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat secara optimal, termasuk pembangunan jaringan pipa PDAM yang baru guna meningkatkan jangkauan pelayanan.

“Yakni jangkauan PDAM ke arah Kecamatan Sematu Jaya serta beberapa daerah lain di Lamandau,” papar Hendra.

Kedatangan dan koordinasi yang Pemkab Lamandau lakukan tersebut mendapat respon baik dari pihak dirjen, sehingga diharapkan hal-hal yang telah disampaikan bisa ditindaklanjuti dan daerah dibantu dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat tersebut.

BACA JUGA:   Operasi Pasar Murah, Upaya Pemkab Lamandau dalam Mengendalikan Inflasi

Sementara itu diketahui saat ini pemerintah daerah di Kalteng terus berupaya memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.

Di tingkat Pemprov Kalteng juga telah dilaksanakan kick off meeting program pembangunan perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi (PPAS), oleh Pokja PPAS guna menindaklanjuti target-target yang ditetapkan nasional.

Sekda Kalteng Nuryakin mengatakan, salah satu fokus pemda yakni memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sesuai target pembangunan yang telah ditentukan bersama pemerintah pusat.

ANTARA