Warga Sampit Ramai Ziarah Kubur Usai Salat Idul Fitri

(JUN/BERITA SAMPIT) : Suasana Kuburan Muslimin Noor Agung dipenuhi peziarah pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Senin 2 Mei 2022

SAMPIT – Ziarah ke makam orang tua serta sanak saudara yang telah meninggal dunia usai salat ied atau di hari pertama hari Raya Idul Fitri merupakan tradisi masyarakat Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) yang sampai saat ini masih terjaga.

Puluhan hingga ratusan warga berduyun-duyun memadati pemakaman-pemakaman khususnya yang tersebar di kota Sampit.

Seperti di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslimin Noor Agung, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sawahan,Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, usaia melaksanakan salat idul fitri, secara berangsur pemakaman itu mulai dipadati masyarakat setempat. Sejumlah masyarakat membawa air serta bunga untuk ditabur di atas pemakaman sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Iqbal (43), salah satu peziarah mengatakan, ia bersama keluarganya telah rutin setiap tahun mendatangi TPU tersebut setelah melaksanakan salat idul fitri.

Menurut dia, radisi ziarah kubur tersebut biasanya ramai dilakukan sehari sebelum bulan ramadan dan sehari sebelum lebaran untuk. Mereka datang ziarah sambil membersihkan makam meski kebersihan makam sudah diserahkan kepada petugas pengelola makam.

Saat dipemakaman peziarah memanjatkan doa untuk yang sudah meninggal, membaca Surat Yasin serta Tahlil serta membersihkan pemakaman kerabat dan sanak saudara jika terlihat kotor atau banyak semak.

“Setiap hari raya Idul Fitri ziarah ke kubur ini, tidak hanya dihari raya saja namun sebelum memasuki Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul juga ziarah. Kebetulan ini makam orang tua, makam kakek dan beberapa makam keluarga,” ucapnya.

Senada disampaikan Atika (39). Sebagai perantau ia merasa besyukur dapat beziarah ke makam orang tua-nya.

“Saya ikut suami yang bertugas di pulau Jawa, sebenarnya tahun kemarin mau pulang dan  kumpul keluarga disini. Tapi karena pandemi Covid-19 jadi ditunda. Alhamdulillah tahun ini bisa pulang dan ziarah ke makam orang tua,” tuturnya saat dibincangi beritasampit.co.id, Senin 2 Mei 2022.

(BS65/beritasampit.co.id)