2 Tahun Terbelenggu Covid-19, Puluhan Ribu Warga Kobar Kunjungi Sejumlah Obyek Wisata Pantai

Suasana di tepi Pantai Kubu.

Oleh: Maman Wiharja

Denyut Pandemi Covid-19, saat jelang Bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 nampaknya sudah tidak lagi berdetak dengan kencang. Buktinya terlihat dari banyaknya warga masyarakat yang tidak lagi menggunakan masker.

Dan menyusul kegembiraan masyarakat Muslim di hari pertama Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2020, melaksanakan Salat Idul Fitri secara serentak bisa digelar dimana saja, baik didalam dan halaman Masjid atau lapangan (Alun-alun).

Terlebih lagi, karena selama 2 tahun terbelenggu pandemi Covid-19, kini puluhan ribu warga masyarakat Kabupaten Kobar menyerbu sejumlah obyek wisata, khususnya Obyek Wisata Pantai, mulai dari Pantai Kubu, Sampai ke Pesisir Teluk Bogam dan Tanjung Keluang.

Pantauan Berita Sampit, sejak siang dihari pertama Hari Raya Idul Fitri setelah bersalaman dan makan dimasing-masing rumahnya, banyak warga masyarakat yang mulai berkunjung kea rah Pantai Kubu. Dan sampai sekarang di Lebaran hari ke 4, Kamis 5 Mei 2022, malahan para pengunjung semakin banyak mendatangi obyek wisata pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Kumai.

“Mungkin ada beberapa orang mengatakan hari pertama dan kedua  di obyek wisata masih banyak pengunjungnya jadi mereka masih diam dirumahnya masing-masing. Nah kalau sekarang ternyata masih banyak pengunjung ke pantai, berarti yang masih diam dirumah bukan beberapa orang tapi banyak,“ Dedy Murtejo, pedagang Pentol Baso di Pantai Kubu, saat ditanya penulis, Kamis 5 Mei 2022.

Pantauan penulis walaupun saat ini termasuk bebas ria warga masyarakat berkunjung kebeberapa lokasi obyek wisata, namun pihak kemanan dari Polres Kobar tetap dan terus memantau titik-titik lokasi obyek wisata.

Termasuk Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksno, bersama sejumlah personilnya langsung turun kelapangan dan berdialog dengan warga pengunjung, seperti di Pantai Kubu dan Pesisir lainnya.

Penulis saat memantau Obyek Wisata Pantai Kubu Kamis, 5 Mei 2022 memang benar masih rampai banyak pengunjugnya, buktinya kendaraan roda 2 dan empat dipintu gerbang jalan raya masuk kearah Pantai Kubu, karena cukup padat masih harus antri.

“Alhamdulilah Pak, Lebaran tahun ini pengunjungnya sangat banyak karena bebas datang ke obyek wisata. Mudah-mudahan lah Pak, yang namanya si Covid-19, besok-besoknya dan seterusnya segera lenyap lah,“ kata Ibu Sadiyah, pedagang makanan.***