Puncak Arus Balik Lebaran 6-8 Mei, Polda Kalteng Imbau Pemudik Tetap Hati-hati

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto.

PALANGKA RAYA – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) prediksi puncak arus balik lebaran 2022 terjadi pada 6 – 8 Mei 2022. Pemudik yang akan kembali ke kota asal diimbau untuk terus berhati-hati saat berkendara.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Kismanto Eko Saputro melalui rilis yang diterima pada Kamis 5 Mei 2022, mengatakan hingga 5 Mei 2022, arus kendaraan masih terpantau lancar.

Meskipun volume kendaraan yang melintas di jalan trans Kalimantan penghubung antar provinsi dan kabupaten di Kalteng semakin bertambah. Mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat arus balik lebaran, ia pun meminta kepada pemudik untuk bisa mengatur jadwal keberangkatan saat akan berkendara. Perhitungan waktu yang tepat akan membuat kondisi berkendara lebih aman dan nyaman.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

Berkaca dari pengalaman, bebernya, kecelakaan biasa terjadi karena faktor kelalaian dari pengendara yang biasa disebabkan terburu-buru saat berkendara untuk mengejar waktu kepulangan. Hal ini dapat berakibat buruk saat di jalan.

“Puncak arus mudik diprediksi 6 sampai 8 Mei nanti. Atur keberangkatan pulang secara baik, sehingga tidak terburu-buru di jalan dan mengakibatkan rawan kecelakaan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap BKMP se-Kalimantan Terkait Kondisi Papua

Eko Saputro menerangkan, masyarakat yang melakukan arus balik mudik bisa memanfaatkan posko-posko pelayanan kepolisian yang sudah berdiri di beberapa titik. Beristirahat jika lelah dalam berkendara juga menjadi salah satu faktor penting penunjang keselamatan.

“Jangan memaksakan diri, apabila lelah segera beristirahat. Sebelum berangkat pastikan keadaan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Ingat terus berhati-hati karena keselamatan nomor satu,” lugasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).