Empat Wilayah di Kaltim Berstatus Zona Hijau COVID-19

Infografis perkembangan kasus COVID-19 Provinsi Kaltim. ANTARA/Arumanto

SAMARINDA – Empat wilayah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diantaranya Samarinda, Kutai Timur, Mahakam Ulu dan Paser telah berstatus zona hijau COVID-19 berdasarkan laporan kasus harian Satgas setempat, Kamis 5 Mei 2022.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak menjelaskan, enam wilayah Kaltim lainnya yakni Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Bontang, Penajam Paser Utara dan Balikpapan dalam status zona kuning dan berpeluang menyusul ke zona hijau COVID-19.

“Saat ini jumlah pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di wilayah Kaltim hanya tersisa 27 orang,” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi mengatakan pasien positif terbanyak berada di Balikpapan dengan jumlah 10 orang, sedangkan paling sedikit di Berau dan Bontang masing- masing hanya tersisa satu pasien.

“Tercatat ada tiga wilayah yang punya potensi menuju zero kasus yakni Berau dengan sisa satu pasien positif, Bontang satu pasien positif dan Kutai Kartanegara dengan dua pasien positif,” jelas Andi.

Berdasarkan update kasus harian pada Kamis 5 Mei 2022 telah terjadi penambahan kasus positif sebanyak enam orang dan pasien sembuh tiga orang dan meninggal dunia tidak terjadi tambahan kasus baru.

Andi terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan meskipun secara umum perkembangan kasus melandai dan terus mengalami penurunan.

“Kalau kita lengah bisa saja terjadi lonjakan kasus, makanya prokes masih harus dilakukan,” katanya.

Selain itu, dia juga mengharapkan masyarakat peduli dengan program vaksinasi untuk mendukung upaya dan langkah pemerintah merubah status pandemi menjadi endemi.

ANTARA