BPBD Siapkan Bantuan Bagi Puluhan Warga Kapuas Terdampak Puting Beliung

Rumah warga di Handil Cempaka, Desa Anjir Serapat Timur, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, rusak parah akibat diterjang angin puting beliung, Jumat (06/5/2022). ANTARA/ HO-warga

KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, segera menyiapkan bantuan bagi 16 kepala keluarga (KK) yang terdiri atasi 48 jiwa yang terdampak musibah  angin puting beliung yang terjadi di Handil Cempaka, Desa Anjir Serapat Timur, Jumat 6 Mei 2022 sore.

“Terkait musibah bencana yang terjadi, BPBD Kapuas berkoordinasi dengan camat dan kepala desa setempat, untuk mendata serta menyiapkan kebutuhan pasca bencana kepada korban terdampak,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Sabtu 7 Mei 2022.

BACA JUGA:   Kemenag Kapuas Tetapkan Zakat Fitrah Rp30.000-Rp43 Ribu

Menurut dia, berdasarkan laporan yang diterima, akibat kejadian tersebut, ada 13 rumah warga rusak, dengan rincian enam unit rusak berat dan tujuh unit rusak sedang.

Dalam kejadian bencana alam di Kecamatan Kapuas Timur tersebut, juga mengakibatkan tiga orang mengalami luka-luka karena tertimpa puing-puing bangunan dan sudah mendapatkan perawatan medis setempat.

“Kejadian angin puting beliung itu begitu cepat dan mengakibatkan belasan rumah warga yang didominasi bangunan berkonstruksi kayu mengalami kerusakan cukup parah,” katanya.

BACA JUGA:   Seribu Sembako Murah PKK Kapuas Ludes Terjual

Pada kesempatan tersebut, dia mengimbau, masyarakat di daerah setempat, tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Adapun angin puting beliung yang menerjang belasan rumah warga di Handil Cempaka tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam kejadian itu, nilai kerugian dalam musibah bencana masih dilakukan pendataan oleh aparat setempat. Untuk para korban yang kehilangan tempat tinggal, telah dievakuasi warga ke tempat tinggal sementara.

ANTARA