Wisata Surung Danum Ramai Dikunjungi Wisatawan

Wisata Surung Danum, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Kamis, (5/5/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Wisata Surung Danum yang berada di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah pada masa libur Lebaran 2022.

Salah seorang pengunjung dari Kabupaten Sukamara Pedry Prayitno di Palangka Raya, Sabtu 7 Mei 2022, mengatakan, ia datang berwisata ke Surung Danum bersama keluarga memanfaatkan waktu libur kali ini.

“Tahun ini memanfaatkan libur Lebaran, keluarga berkumpul di Palangka Raya. Jadi kami berwisata ke berbagai tempat yang salah satunya Surung Danum,” katanya.

Menurutnya wisata Surung Danum cukup nyaman dikunjungi terlebih saat membawa anak-anak. Selain lokasinya yang bersih dan asri, anak-anak dapat mandi serta bermain dengan nyaman karena kedalaman air yang aman untuk anak-anak.

“Apalagi Surung Danum ini tampaknya objek wisata yang baru dikembangkan, jadi kami penasaran dan tak ingin melewatkan kesempatan berwisata ke sini,” jelasnya.

Salah seorang pengunjung lain Hendri Bustany mengatakan, wisata Surung Danum sangat nyaman untuk didatangi bersama dengan keluarga. Dia mengaku baru pertama kali mengunjungi objek wisata tersebut.

“Direkomendasikan keponakan saya, makanya kami beserta keluarga mencoba berkunjung dan ternyata tempatnya memang nyaman untuk bersantai,” ucapnya yang berasal dari Desa Asam Baru, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan tersebut.

Hendry mengatakan, selain anak-anak yang bisa bermain air dengan leluasa dan aman, juga tersedia sarana prasarana yang sangat memadai. Mulai dari gazebo untuk keluarga, pelampung untuk mandi, hingga tersedia kendaraan segala medan atau ATV yang bisa disewa untuk berkeliling di sekitar lokasi wisata.

Sementara itu pengelola wisata Surung Danum Adi Prasetyo mengatakan, di periode libur Lebaran jumlah pengunjung mengalami peningkatan cukup signifikan.

Kalau waktu biasa khususnya akhir pekan, kendaraan yang datang untuk roda empat antara 20-30 unit dan roda dua sekitar 10 unit atau lebih, maka saat libur Lebaran roda empat bisa mencapai antara 50-100 unit, serta roda dua hingga 50 unit lebih.

“Ini ada yang berasal dari Kereng Pangi, Kasongan, hingga Sampit dan lainnya,” paparnya.

Dia menjelaskan untuk bisa menikmati wisata Surung Danum, biasanya dibuka sejak pagi pukul 09.00 wib hingga selesai. Pengunjung per orang dikenakan biaya masuk Rp5.000 per orang dan untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun digratiskan.

Kemudian tersedia sekitar 12 gazebo yang disewakan Rp20.000 per unit, ATV Rp30.000 per 15 menit, ayunan atau hammock gratis, serta untuk paket kamping Rp50.000 per malam yang terdiri dari tenda, terpal dan lampu penerangan.

“Selain itu, di sini juga tersedia aula pertemuan yang bisa disewa untuk berbagai kegiatan oleh masyarakat,” tuturnya.

ANTARA