Puluhan Ribu Orang Lakukan Perjalanan Mudik dan Balik Lebaran di Kalteng

Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah mencatat ada puluhan ribu orang melakukan perjalanan pada masa arus mudik maupun balik Lebaran, yakni sejak 24 April-8 Mei 2022.

“Masyarakat yang melakukan perjalanan saat arus mudik maupun arus balik ini, baik melalui jalur udara, darat maupun air atau laut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy dihubungi di Palangka Raya, Selasa 10 Mei 2022.

Menurut Dedy, berdasarkan data  yang dihimpun dari pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun 2022 pada berbagai lokasi, seperti di tiga bandar udara se-Kalteng terdapat 17.693 orang penumpang kedatangan dan 28.673 orang penumpang keberangkatan.

BACA JUGA:   Diisukan Maju di Pilwakot Palangka Raya, Ini Tanggapan Ivo Sugianto Sabran

Dari jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang tersebut,  diketahui pergerakan penumpang lebih banyak terjadi di Bandar Udara Tjilik Riwut dengan rata-rata persentase sebesar 52,42 persen baik penumpang yang datang dan berangkat, diikuti Bandar Udara Iskandar sebesar 36,87 persen dan Bandar Udara H. Asan sebesar 10,71 persen.

Selanjutnya pada periode  mulai 25 April-8 Mei 2022 di tiga terminal di Kalteng, yaitu Terminal W.A. Gara, Natai Suka Pangkalan Bun dan Sanggu Buntok terdapat 12.044 orang kedatangan dan 12.850 orang keberangkatan.

“Adapun pada 8 Mei 2022 di tiga terminal di Kalteng tersebut terdapat jumlah penumpang kedatangan 1.191 orang dan  penumpang keberangkatan 1.260 orang,” ucapnya.

BACA JUGA:   Abdul Razak Angkat Bicara Tentang Pertemuannya dengan Nadalsyah

Sementara itu, berdasarkan data dari Posko Terpadu periode 24 April-8 Mei 2022 di tiga pelabuhan di Kalteng, yaitu Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Bahaur terdapat 4.439 orang kedatangan dan 17.271 orang keberangkatan.

Yulindra memaparkan secara keseluruhan perjalanan arus mudik dan balik periode Lebaran 2022 di Kalteng berlangsung aman dan lancar. Adapun keberadaan posko yang pihaknya sebar di berbagai daerah, juga sekaligus menyediakan layanan vaksinasi bagi pelaku perjalanan dalam negeri.

“Layanan vaksinasi ini diberikan kepada masyarakat yanh belum vaksin dosis lengkap maupun dosis ketiga atau penguat,” terangnya.

ANTARA